Prabowo-Gibran Bisa Kalah Duluan dalam Putaran Pertama

Prabowo-Gibran Bisa Kalah Duluan dalam Putaran Pertama Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Pengamat politik Hendri Satrio atau akrab disapa Hensat menilai pasangan calon (paslon) nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bisa kalah duluan dalam putaran pertama Pilpres 2024.

Karena, kata Hensat, Prabowo Subianto diproyeksian sebagai wakil penguasa atau istana, sedangkan calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan dan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo sebagai wakil rakyat.

Baca Juga: Lima Tahun Proyek Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Habiskan Rp1.825 T

"Bila bicara keterwakilan, yang paling mewakili Rakyat ya Ganjar dan Anies. Penguasa, penghuni Istana diwakili Prabowo. Makanya Prabowo-Gibran sulit menang 1 putaran bahkan bisa kalah duluan, Rakyat kan lebih banyak dari penguasa. Rakyat kuat, walau kita tidak tinggal di Istana," ungkapnya dikutip populis.id dari akun X pribadinya, Jumat (15/12).

Sementara itu, dalam jejak pendapat Litbang Kompas Desember 2023 menunjukkan paslon nomor urut dua dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di posisi puncak.

Prabowo Subianto dan Gibran meraih elektabilitas 39,3 persen dalam survei yang digelar pada 29 November hingga 4 Desember 2023 itu. 

“Pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden,” tulis peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan, dikutip dari Harian Kompas, Senin (11/12/2023).

Bambang mengatakan Prabowo-Gibran unggul pada pemilih perkotaan dan perdesaan dari laki-laki maupun perempuan. “Suara untuk Prabowo-Gibran juga lebih tinggi pada hampir semua kelompok pemeluk agama,” tulis Bambang.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover