Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global, Warta Ekonomi Kembali Gelar Penghargaan Bergengsi Bagi CEO dan CMO

Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global, Warta Ekonomi Kembali Gelar Penghargaan Bergengsi Bagi CEO dan CMO Kredit Foto: Warta Ekonomi

Penghargaan bergengsi bagi para Chief Executive Officer (CEO) dan Chief Marketing Officer (CMO) kembali digelar Warta Ekonomi di St. Regis, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2023) malam.

Acara ini dihelat untuk mengapresiasi kinerja tangguh para pimpinan perusahaan maupun direktur pemasaran di tengah tantangan ketidakpastian ekonomi global maupun ketidakstabilan ekonomi nasional untuk menjaga konsistensi kinerja perusahaan dan pertumbuhan pendapatan.

Baca Juga: Indonesia Akan Sangat Mengerikan Jika Prabowo-Gibran Berkuasa

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik tahun 2023 bahwa pertumbuhan ekonomi nasional tercatat 5,17 persen secara tahunan pada triwulan II-2023 atau meningkat dari triwulan I-2023 yang sebesar 5,03 persen secara tahunan. Kendati pertumbuhan ekonomi kuartal II-2023 tidak setinggi periode yang sama tahun lalu, yakni mencapai 5,46 persen secara tahunan, pertumbuhan ekonomi saat ini masih normal di kisaran 5 persen seiring dengan meredanya low-base effect.

Secara periodisasi di triwulan III-2023 ini, ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 5,05 persen (c-to-c). Dari sisi produksi, pertumbuhan terbesar terjadi pada Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan sebesar 15,30 persen. Sementara dari sisi pengeluaran pertumbuhan terbesar terjadi pada Komponen PK-LNPRT sebesar 7,01 persen.

Secara spasial, perekonomian Indonesia pada triwulan III-2023 di hampir seluruh provinsi mengalami pertumbuhan yang melambat (y-on-y), dimana kelompok provinsi di Pulau Jawa menjadi penyumbang perekonomian terbesar dengan kontribusi sebesar 57,12 persen dan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 4,83 persen (y-on-y).

Muhamad Ihsan, CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Group menyadari sejumlah tantangan akan terus dihadapi perusahaan yang tentunya menjadi “ujian” bagi para CEO dan tak terkecuali dengan c-level lainnya seperti chief marketing officer dalam menghadapi persoalan dan menentukan strategi perusahaan. “Di tengah tantangan ini lah, maka peran CEO dan CMO akan menjadi sangat krusial bagi perkembangan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Oleh karena itulah acara Indonesia CEO Awards 2023 dan Indonesia Best CMO diadakan pada malam ini,” ungkapnya saat menjadi opening speech di St. Regis, Jakarta Selatan, Kamis (4/12/2023).

Sementara menurut Pengusaha sekaligus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang menjadi pembicara kunci pertama dalam acara ini mengatakan jika pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan segala kesempatan maupun tantangan ekonomi nasional hingga ekonomi global tidak terlepas dari peran penting para pemimpin perusahaan di berbagai sektor industri untuk tetap beradaptasi dan melakukan inovasi untuk menjaga keberlangsungan kegiatan bisnis perusahaannya, terutama kontribusi para pemimpin perusahaan seperti Chief Executive Officer (CEO) dan Chief Marketing Officer (CMO) dalam menentukan strategi perusahaan.

“Saya berharap acara ini memberikan motivasi untuk terus melakukan pengembangan dan memberikan kesimpulan positif terhadap roda perekonomian di Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Laksamana Madya Maman Firmansyah selaku Plt. Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI sekaligus pembicara kunci kedua, berharap jika para pemimpin perusahaan atau CEO bisa membantu pertumbuhan perekonomian nasional melalui perusahaan yang dipimpinnya.

“Kita harapkan untuk bisa memimpin Indonesia dalam hal ekonominya, itu sangat berharap sekali kepada Bapak Ibu sekalian ekonominya bisa sehat, bisa tumbuh dengan baik, dan bagus,” kata Maman saat berada di St. Regis, Jakarta Selatan, Kamis (4/12/2023).

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover