Jokowi, Prabowo, KSAU dkk Kompak Pakai Jaket Bomber Saat Serah Terima C-130J Super Hercules

Jokowi, Prabowo, KSAU dkk Kompak Pakai Jaket Bomber Saat Serah Terima C-130J Super Hercules Kredit Foto: Warta Ekonomi

Acara penyerahan pesawat keempat C-130J Super Hercules yang digelar di Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1) diwarnai satu momen menarik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi); Menteri Pertahanan Prabowo Subianto: tiga kepala staf angkatan; hingga Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid kompak mengenakan jaket bomber berwarna biru tua.

Jaket biru itu diberikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Baca Juga: Siap Menangkan Prabowo-Gibran, Boy Thohir Punya Tujuan Mengerikan

Sebelumnya, Prabowo berkesempatan menyerahkan pesawat keempat C-130J Super Hercules A-1344 secara simbolis kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo untuk selanjutnya dapat dioperasikan oleh TNI Angkatan Udara (TNI AU). 

Serah terima pesawat itu disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi beserta Prabowo, Meutya Hafid, dan tiga kepala staf angkatan juga berkesempatan untuk meninjau langsung pesawat C-130J Super Hercules buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS).

Pesawat C-130J Super Hercules merupakan pesawat terbaru dan tercanggih di kelasnya. Kementerian Pertahanan (Kemhan) memilih pesawat ini lantaran sangat efektif untuk negara kepulauan seperti Indonesia dengan wilayah yang sangat luas dan runway yang pendek.

Secara keseluruhan, Kemhan telah memesan lima unit C-130J Super Hercules, di mana tiga pesawat sebelumnya telah diserahkan kepada TNI AU yakni pada Maret, Juni, dan Agustus 2023.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover