Apa Itu Anarko-Sindikalisme?

Apa Itu Anarko-Sindikalisme? Kredit Foto: Freepik.com

Sindikalisme, juga disebut Anarko-sindikalisme, atau Sindikalisme Revolusioner merupakan sebuah gerakan yang menganjurkan tindakan langsung oleh kelas pekerja untuk menghapus tatanan kapitalis, termasuk negara, dan untuk membangun sebagai gantinya tatanan sosial berdasarkan pekerja yang diorganisir dalam unit-unit produksi.

Baca Juga: Apa Itu Kapitalisme?

Gerakan sindikalis berkembang di Prancis terutama antara tahun 1900 dan 1914 dan memiliki dampak yang cukup besar di Spanyol, Italia, Inggris, negara-negara Amerika Latin, dan di tempat lain. Itu tidak lagi menjadi kekuatan dinamis yang kuat pada akhir Perang Dunia I, tetapi tetap menjadi kekuatan sisa di Eropa sampai Perang Dunia II.

Sindikalisme berkembang dari tradisi anarkis dan antiparlemen yang kuat di antara kelas pekerja Prancis.

Sangat dipengaruhi oleh ajaran anarkis Pierre-Joseph Proudhon dan sosialis Auguste Blanqui, itu dikembangkan sebagai doktrin oleh para pemimpin tertentu dari gerakan serikat pekerja Prancis menjelang akhir abad ke-19.

Di Prancis, sindikalisme dikenal sebagai sindikalisme révolutionnaire (kata syndicalisme hanya berarti “serikat buruh”).

Kecenderungan sindikalis memanifestasikan dirinya dengan meningkatnya kekuatan selama tahun 1890-an di dua organisasi buruh utama Prancis pada periode itu— Confédération Générale du Travail (CGT) dan Fédération des Bourses du Travail.

Sekretaris yang terakhir, Fernand Pelloutier, melakukan banyak hal untuk mengembangkan prinsip-prinsip karakteristik sindikalisme dan menyebarkannya di antara para pekerjanya.

Baca Juga: Apa Itu Perjuangan Kelas?

Ketika kedua organisasi ini bergabung pada tahun 1902, serikat pekerja, dan sindikalisme khususnya, memperoleh aksesi kekuatan yang sangat besar.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini