Jokowi Menentukan Kemenangan Prabowo-Gibran

Jokowi Menentukan Kemenangan Prabowo-Gibran Kredit Foto: twitter/@miduk17

Pengamat kebijakan publik Gigib Praginanto menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menentukan kemenangan paslon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024, bukan berperan besar.

Gigin menyampaikannya menanggapi TKN Rosan Roeslani yang mengatakan Jokowi berperan besar dalam kemenangan Prabowo-Gibran. "Bukan berperan besar bro tapi menentukan kemenangan Prabowo-Gibran," ungkapnya, dikutip populis.id dari akun X pribadinya, Selasa (20/2).

Sebelumnya, Ketua TKN Rosan Roeslani mengakui Presiden Joko Widodo (Jokowi) berperan besar dalam kemenangan paslon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Baca Juga: Bertemu Surya Paloh, Jokowi Jadi Jembatan Antara NasDem dengan Kaesang dan Bobby Jelang Pilgub

Untuk diketahui, dalam hasil quick count atau penghitungan cepat berbagai lembaga survei, Prabowo-Gibran unggul dari paslon nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD, selain itu pada rekap semantara KPU, suara keduanya lebih dari 55 persen.

"Peran Pak Jokowi kita lihat perannya sangat-sangat besar. Dengan adanya Mas Gibran yang putra beliau, jadi suara dari pendukung Pak Jokowi itu masuk melalui Mas Gibran dan ini sangat memberi kontribusi sangat besar untuk kemenangan kita," kata Rosan dalam talkshow Info A1 kumparan, dikutip dari Kumparan.

Dalam kampanye Prabowo-Gibran, Jokowi memang tidak pernah hadir secara fisik, namun 'gerakannya' menjelang pemilu menjadi perhatian, seperti masifnya pembagian bantuan sosial (bansos) menjelang hari pencoblosan.

Para menteri yang juga ketum partai pendukung Prabowo-Gibran mengasosiakan bansos sebagai bantuan dari Jokowi. Selain itu, gaji TNI/Polri dan tunjangan Bawaslu menjelang Pemilu 2024 juga dinaikkan.

Kemudian Jokowi juga dianggap berupaya untuk menggerus suara Ganjar-Mahfud dengan seringnya melakukan kunjungan kerja di Jawa Tengah serta wilayah lain yang disebut sebagai kandang banteng.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover