Taktik SBY untuk Pastikan Demokrat Ada di Kabinet Prabowo

Taktik SBY untuk Pastikan Demokrat Ada di Kabinet Prabowo Kredit Foto: Creative Commons

Pengamat politik Rocky Gerung menilai duduknya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam jabatan Menteri Agaria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bisa dilihat sebagai taktik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memastikan Partai Demokrat ada dalam kabinet Prabowo Subianto.

Pasalnya menurut Rocky Gerung, Prabowo Subianto tidak mungkin kembali menarik AHY dari kabinet pemerintahannya setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri ATR/BPN.

Baca Juga: Jokowi Tidak Punya Apa-apa Setelah Prabowo Menang

"Tapi kita mesti lihat juga semacam taktik atau strategi dari SBY untuk memastikan bahwa kabinet Pak Prabowo nanti portofolionya sudah pasti akan ada Demokrat, kan enggak mungkin Pak Prabowo menarik lagi AHY dari kabinetnya," ucapnya, dikutip populis.id dari YouTube Rocky Gerung Official, Rabu (21/2/2024).

Seperti diketahui, pada Rabu (21/2/2024), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Negara.

Proses pelantikan dimulai pukul 10.58 WIB. Pelantikan dimulai setelah Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tiba di ruangan, dan diawali dengan lantunan lagu Indonesia Raya.

Terlihat AHY berdiri berdampingan dengan Hadi Tjahjanto. 

Kemudian, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti membacakan Keppres Nomor 34B Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

"Saudara Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional," kata Nanik, dikutip dari Suara.

Setelah pembacaan keppres selesai, proses pengambil sumpah jabatan pun dilakukan dengan dipimpin Jokowi. "Bersediakah Saudara-saudara untuk diambil sumpah menurut agama Islam?" tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab AHY dan Hadi kompak.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover