Jokowi Tidak Akan Dilirik Lagi oleh Pemain Global di Asia, Bagaimana Prabowo?

Jokowi Tidak Akan Dilirik Lagi oleh Pemain Global di Asia, Bagaimana Prabowo? Kredit Foto: Warta Ekonomi

Pengamat politik Rocky Gerung menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan dilirik lagi oleh pemain global di Asia, berbeda dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto yang mempunyai keyakinan akan menjadi macan Asia atau pemimpin Asia.

Dan menurut Rocky Gerung, Prabowo Subianto akan diminta untuk mengakomodasi kepentingan Amerika, namun Menteri Pertahanan itu tahu bahwa jika sudah menjabat sebagai presiden dirinya harus mengakomodasi kepentingan China.

Baca Juga: Untuk Kontrol Kabinet Prabowo, Jokowi Bukan Lagi Cawe-cawe dalam Pembentukan

"Prabowo masih sampai Oktober dia merasa dia harus membangun set up kekuasaan dengan cara yang betul-betul sistematis kan, apalagi dia punya semacam keyakinan bahwa dia bisa menjadi Garuda Asia gitu atau pemimpin Asia atau macan Asia kan," ucapnya, dikutip populis.id dari YouTube Rocky Gerung Official, Rabu (3/4).

"Sementara Jokowi enggak akan dilirik lagi oleh pemain-pemain global di Asia kan, karena bagaimanapun strategi di Indo-Pasifik misalnya akan minta supaya Prabowo itu cume in dengan kepentingan Amerika di situ tuh, tetapi Prabowo tahu bahwa kalau dia tidak  mengakomodasi kepentingan China itu akan berantakan juga karena Indonesia tidak cukup kuat militer, rentan secara ekonomi, dan potensi konflik karena hubungan rasial tuh," imbuhnya.

Sementara sebelumnya, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, menyampaikan kepada Presiden China Xi Jinping bahwa China merupakan mitra kunci RI untuk menjaga stabilitas dan memelihara perdamaian di kawasan.Oleh karena itu, Prabowo menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat kemitraan yang telah terjalin antara Indonesia dan China.

“Terkait kerja sama pertahanan, saya memandang China adalah salah satu mitra kunci dalam memastikan perdamaian dan stabilitas kawasan. Saya juga berkomitmen memenuhi kebutuhan alutsista Indonesia, termasuk peningkatan kerja sama industri pertahanan dan dialog produktif, serta kerja sama antarmatra,” kata Prabowo ke Presiden Xi saat keduanya bertemu di Great Hall of the People, Beijing, China, Senin, dikutip dari Republika.

Dalam pertemuan itu, yang merupakan lawatan luar negeri pertama Prabowo setelah ditetapkan oleh KPU RI sebagai calon presiden terpilih, Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat Presiden Xi kepada dirinya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terkini

Populis Discover