Jika Dipimpin Puan Maharani, PDIP Tak Akan Jadi Oposisi Prabowo

Jika Dipimpin Puan Maharani, PDIP Tak Akan Jadi Oposisi Prabowo Kredit Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi besar tidak akan menjadi oposisi pada pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto jika dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani, bukan Megawati Soekarnoputri.

Pasalnya dengan jabatan Ketua DPR yang dianggap setara dengan presiden maupun wakil presiden, Puan Maharani tidak mempunyai kepentingan untuk membawa PDIP menjadi oposisi, dan kepentingannya hanya transisi kepemimpinan dari Megawati secara halus, sehingga lebih baik tidak bermasalah dengan Prabowo Subianto maupun Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Jatah Gibran 5 Tahun ke Depan untuk Ditendang dan Ditampol

"Justru kalau dia memainkan masalah dengan Jokowi dan Prabowo justru akan menyulitkan, justru dia bargaining position itu dia ayun, sehingga Prabowo membutuhkan Puan Maharani atau Jokowi membutuhkan Puan Maharani, dan Puan Maharani membutuhkan presiden karena presiden adalah sumber fasilitas misalnya," ucap pengamat politik Refly Harun.

"Jadi dan kepentingan Puan adalah transisi kepemimpinan PDIP secara smooth, kalau misalnya ada pemikiran pasca 2024 Megawati akan step down maka Puan Maharani yang akan menggantikan, dan Puan Maharani juga tidak punya kepentingan untuk membawa PDIP sebagai oposisi, mengingat apa perannya sebagai Ketua DPR," imbuhnya, dikutip populis.id dari YouTube Refly Harun, Kamis (30/5).

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri buka suara terkait sikap politik partainya kepada wartawan yang meliput Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP.

Megawati menyinggung sikap politik PDIP didasarkan pada pemikiran dan harus melalui perhitungan yang matang, dengan nada bercanda kepada wartawan ia mengatakan akan memainkan dulu sebelum mengambil sikap merapat atau tidak di pemerintahan Prabowo Subianto.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover