Bisa Jadi Senjata Makan Tuan Jika PDIP Pelopori Hak Angket

Bisa Jadi Senjata Makan Tuan Jika PDIP Pelopori Hak Angket Kredit Foto: Istimewa

Pengamat kebijakan publik Gigin Praginanto menilai bisa jadi senjata makan tuan jika Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memelopori pengajuan hak angket di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sehingga menurut Gigin, hal tersebut menjadi penyebab PDIP tidak bernyali untuk memelopori hak angket di DPR. "PDIP gak bernyali mempelopori hak angket karena bisa menjadi senjata makan tuan," ucapnya, dikutip populis.id dari akun X pribadinya, Rabu (12/6).

Sementara diketahui, Ketua DPR yang juga Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani tak menjawab ketika ditanyai perkembangan usulan hak angket yang kerap disuarakan Fraksi PDIP. Ia memilih menggelengkan kepalanya ketika ditanyai hal tersebut.

Baca Juga: Bukan Kaesang, Ini yang Membuat PDIP Tiba-tiba Mau Dukung Anies di Pilkada Jakarta

Sebelumnya, anggota DPR Fraksi PDIP Adian Napitupulu mengatakan, hak angket menjadi keseriusan partai untuk menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024. Keseriusan tersebut juga diyakininya ada pada Ketua DPR Puan Maharani.

Diketahui, Puan sebagai Ketua DPR absen saat Fraksi PDIP menyuarakan hak angket dalam rapat paripurna pada Selasa (5/3/2024). Saat itu Puan berada di Prancis, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ketua Parlemen perempuan dunia.

"Mbak Puan sebagai Ketua DPR tidak pernah menutup mata terhadap apapun, nggak pernah. Dia harus mencermati segala sesuatunya dan bagaimanapun dia kan mencermati, kalau matanya tertutup, kan tidak mungkin," ujar Adian di Ruang Fraksi PDIP, Kompleks Parlemen,  Jakarta, Selasa (19/3/2024) malam, dikutip dari Republika.

Di samping itu, ia menegaskan bahwa usulan hak angket bukan terkait hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Melainkan tentang bagaimana berbagai kelompok masyarakat menyuarakan perbaikan kualitas demokrasi di Indonesia.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover