Belum Lama Bebas dari Penjara, Bahar Sudah Jadi Superstar

Belum Lama Bebas dari Penjara, Bahar Sudah Jadi Superstar Kredit Foto: Istimewa

Baru sebulan lebih sejak Habib Bahar bin Smith berhasil kembali menghirup udara kebebasan setelah mendekam di balik jeruji besi, kini dirinya sudah menjadi pusat perhatian masyarakat. Dalam kurun waktu singkat, sudah banyak aksi kontroversial yang dilakukannya, bahkan mengancamnya kembali terkirim ke penjara.

Seperti diketahui, Bahar beberapa waktu belakangan sedang menjadi sorotan khalayak ramai karena video ceramahnya viral. Dalam video tersebut, tampak Bahar menyinggung KSAD Jenderal Dudung Abdurachman karena sejumlah aksinya yang dianggap sentimental terhadap Islam.

Dalam video tersebut, tampak Bahar begitu berapi-api menyampaikan sejumlah kalimat bernada cacian terhadap Dudung dengan menyinggung beberapa hal, seperti aksi Dudung saat menurunkan baliho FPI bergambar Habib Rizieq Shihab, pernyataan Dudung soal Tuhan bukan orang Arab, dan lain-lain.

Sontak saja Bahar langsung menjadi sasaran kritik dari banyak pihak lantaran ceramahnya yang viral tersebut. Ia dianggap tak punya rasa kapok dan terus menerus membuat gaduh lewat pernyataan-pernyataan kontroversialnya. Banyak yang menuntut agar Bahar kembali dipenjara saja daripada dibebaskan malah kemudian kembali menciptakan kegaduhan di tengah masyarakat.

Baca Juga: Ini Pengamat Lho yang Ngomong: Dear Jenderal Dudung, Nasihati Aja Bahar Smith

Selain dengan Dudung, Bahar juga sempat menjadi sorotan karena menyampaikan pernyataan pedas terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tak hanya itu, Bahar juga melontarkan kata tak pantas terhadap Jokowi yang mana membuatnya menjadi bulan-bulanan masyarakat, yakni kata 'bangsat'. Seperti biasa, ia dituding tidak mencerminkan sosok ulama yang seharusnya memberikan keteduhan, namun malah mengujarkan kebencian.

Tak hanya Jokowi, dalam kesempatan tersebut, ia juga turut mencaci Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri beserta Mantan Kapolri Tito Karnavian dengan kata serupa. Adapun hal ini berawal ketika dirinya menyinggung Eks-Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menurutnya memiliki masa hukuman lebih pendek dibandingkan Habib Rizieq Shihab.

Seperti diketahui, Ahok sempat dipenjara akibat kasus penistaan agama yang menjerat dirinya pada 2016 lalu, tepatnya pada masa Pilkada DKI Jakarta terakhir kali. Ahok mendapat hukuman penjara selama 2 tahun dan kini sudah bebas serta kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero). 

Sementara Rizieq kini masih menjadi tahanan penjara akibat dirinya terjerat sejumlah kasus hukum, yakni pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 lewat kasus kerumunan, dan juga kasus pemalsuan tes Covid-19 di RS Ummi. Dirinya dijerat hukuman penjara hingga kini dengan masa tahanan lebih panjang dibanding Ahok.

Baca Juga: Geram Sejadi-jadinya Dengar Jokowi Dihina, Ferdinand ke Habib Bahar: Ini Caci Maki Brutal dan Barbar, Ini Melecehkan Indonesia!

Adapun kedua kasus di atas sama-sama berbuntut panjang lantaran Bahar sendiri mengklaim bahwa ia melakukan hal yang benar sehingga dia tak akan merubah sikapnya. Soal Dudung, menurutnya dirinya salah sehingga pantas untuk dikritik olehnya. Ia bahkan sempat kembali disorot karena enggan menyisipkan kata 'pak' terhadap Dudung sebagai bentuk kesopanan. Ia juga menyatakan bahwa jangankan Dudung, ayah kandungnya sendiri pun kalau memang salah akan dilawan olehnya.

Bahar juga sempat menjadi bahan cibiran terkait pelaporan kembali dirinya ke polisi karena kasus ujaran kebenciannya yang mengandung unsur SARA tersebut. Pihak Bahar yang sempat menyarankan untuk melakukan dialog secara kekeluargaan sebelum melakukan pelaporan dicibir netizen karena dianggap tak sesuai dengan perangai Bahar yang terkenal beringas.

Lebih jauh, Bahar juga sempat dicibir oleh netizen karena videonya tengah berendam di jacuzzi sambil merokok dan dilayani oleh pelayan yang menyuguhkan minuman kepadanya beredar di media sosial. Beredarnya video tersebut sontak membuat netizen menganggap Bahar sebagai sosok Habib yang pantas dicontoh karena bergelimang kemewahan. 

Baca Juga: Pakai Kaos Louis Vuitton Terus Mobilnya Ferrari, Ketahuan Juga Mesin Uang Habib Bahar, Ternyata...

Bahkan, Bahar juga disebut memiliki sumber uang yang membuatnya bisa hidup mewah dengan mengenakan pakaian bermerk seperti Louis Vuitton, dan juga berkendara menggunakan mobil sekelas Ferrari. Pihak Bahar sendiri membenarkan bahwa Bahar memiliki sejumlah bisnis yang ditekuninya sejak lama sehingga membuatnya memiliki harta tersebut.

Bukan hal yang salah memang, karena bagaimanapun itu merupakan hasil jerih payah Bahar dan ia memiliki hak untuk menikmatinya secara pribadi. Hanya saja, bagi sebagian orang yang menganggap sosok Habib adalah sosok yang bersahaja dan jauh dari hal duniawi, hal ini memang menjadi sasaran empuk dari Bahar yang tak seperti anggapan sebagian orang tersebut. Bahar bahkan dihujat dengan sebutan Firaun karena ulahnya tersebut.

Masih banyak hal lain yang membuat Bahar langsung menjadi sorotan begitu dirinya bebas dari masa hukuman di penjara. Yang jelas, tak lama Bahar bebas, dirinya seperti langsung menjadi superstar yang menjadi spotlight banyak orang.

Baca Juga: Bahar Smith Diminta Tidak Merengek dan Tidak Ngumpet di Balik Jubah Agama

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini