Biografi Franjo Tudman: Politikus Kroasia yang Memimpin Kemerdekaan Kroasia dari Yugoslavia (1991-1999)

Biografi Franjo Tudman: Politikus Kroasia yang Memimpin Kemerdekaan Kroasia dari Yugoslavia (1991-1999) Kredit Foto: Own work

Franjo Tudjman merupakan politikus Kroasia yang memimpin negara itu menuju kemerdekaan dari Yugoslavia pada 1991 dan yang menjadi presiden sampai kematiannya pada 1999.

Baca Juga: Peneliti LIPI : Presiden Harus Cerdas Sempurna

Dr. Franjo Tu?man lahir 14 Mei 1922 di Veliko Trgoviš?e, tempat ia bersekolah di sekolah dasar, sementara ia menyelesaikan sekolah menengah di Zagreb.

Dari tahun 1941 dan seterusnya, ia mengambil bagian dalam gerakan partisan anti-Fasis. Setelah Perang Dunia II, ia menyelesaikan studinya di Akademi Militer Tinggi di Beograd.

Meskipun dipromosikan ke pangkat jenderal pada tahun 1960, Tahun berikutnya ia meninggalkan dinas militer dan menjadi direktur Institut Sejarah Gerakan Buruh.

Baca Juga: Suaranya Gak Kenceng, Partai Buruh Gagal di Indonesia

Ia menerima gelar doktor dalam sejarah dari fakultas seni Universitas Zagreb di Zadar (sekarang Universitas Zadar) pada tahun 1965.

Franjo menjabat sebagai Direkturnya hingga tahun 1967. Pada tahun 1963, ia terpilih sebagai Guru Besar di Fakultas Ilmu Politik, Universitas Zagreb, dan kemudian pada tahun 1965 memperoleh gelar doktor sejarah.

Dia menerbitkan cukup banyak buku dan makalah tentang sejarah, teori militer, sejarah nasional kontemporer, filsafat sejarah dan hubungan internasional

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini