Biografi Woodrow Wilson: Presiden ke-28 Amerika Serikat yang Terkenal dengan Empat Belas Poin Perjanjian Versailles

Biografi Woodrow Wilson: Presiden ke-28 Amerika Serikat yang Terkenal dengan Empat Belas Poin Perjanjian Versailles Kredit Foto: Flickr.com: Woodrow Wilson Presidential Library Archives

Woodrow Wilson merupakan presiden AS ke-28, memimpin Amerika melalui Perang Dunia I dan menyusun "Empat Belas Poin" Perjanjian Versailles, yang menjadi pencetus untuk menciptakan Liga Bangsa-Bangsa untuk memastikan perdamaian dunia.

Sebagai presiden, Wilson melihat Amerika melalui Perang Dunia I, merundingkan Perjanjian Versailles dan menyusun Liga Bangsa-Bangsa, pendahulu Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Baca Juga: Indonesia-Amerika Serikat Perkuat Kerja Sama Pendidikan melalui Memorandum Saling Pengertian

Warisannya termasuk reformasi besar-besaran untuk kelas menengah, hak suara untuk perempuan dan ajaran untuk perdamaian dunia. Namun, Wilson juga dikenal karena catatan buruk tentang hubungan ras.

Kehidupan Awal

Wilson lahir pada 28 Desember 1856, dari pasangan Jessie Janet Woodrow dan Joseph Ruggles Wilson, seorang pendeta Presbiterian. Tommy, begitu Wilson dipanggil di masa mudanya, adalah anak ketiga dari empat bersaudara.

Wilson dilatih secara ketat oleh ayahnya dalam pidato dan debat, yang menjadi gairah khusus untuk anak itu.

Dia mendaftar di Davidson College di dekatnya tetapi dipindahkan ke Princeton pada tahun 1875 (dikenal sebagai College of New Jersey sampai 1896).

Wilson melanjutkan studi hukum di University of Virginia dan meraih gelar Ph.D. dalam ilmu politik dan sejarah di Universitas Johns Hopkins. Tesisnya, Pemerintah Kongres, diterbitkan, meluncurkan karirnya di universitas.

Karier Akademik

Wilson ditunjuk untuk mengajar di Bryn Mawr dan Wesleyan. Dia mencapai pekerjaan impiannya, jabatan profesor di Princeton, pada tahun 1890. Pada tahun 1902, dia menjadi presiden universitas ke-13.

Selain fokus pada peningkatan kurikulum yang inovatif, ia sering terpilih sebagai guru paling populer di kampus, terkenal karena sikap peduli dan cita-citanya yang tinggi.

Keterampilan pidatonya yang membuatnya terkenal di luar lingkungan universitas. Stroke pertama Wilson terjadi saat berada di Princeton pada Mei 1906, mengancam nyawanya secara serius.

Baca Juga: "Stay Strong Novel Baswedan, Zaman Emang Lagi Gak Waras!"

Sebagai seorang sarjana yang teliti, buku-buku Wilson termasuk biografi George Washington dan lima jilid History of the American People.

Ambisi politik dan politik universitas telah mengubah Wilson menjadi sosial Demokrat, dan dia ditunjuk untuk jabatan gubernur New Jersey pada tahun 1910.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini