Biografi Friedrich Engels: Tokoh Awal Penting Gerakan Komunis Sekaligus Teman Dekat Karl Marx

Biografi Friedrich Engels: Tokoh Awal Penting Gerakan Komunis Sekaligus Teman Dekat Karl Marx Kredit Foto: Own work

Friedrich Engels merupakan putra seorang pemilik pabrik. Meskipun berasal dari kelas uang yang diuntungkan dari industrialisasi, Engels memiliki semangat revolusioner.

Kecewa dengan kondisi tempat tinggal para pekerja di bisnis keluarganya, ia mulai mencoba mengkampanyekan sistem yang lebih baik.

Bersama dengan teman dekatnya Karl Marx, Engels menjadi salah satu tokoh awal yang paling penting dari gerakan komunis. Komunis percaya bahwa seharusnya tidak ada sistem kelas dan tidak ada kepemilikan pribadi.

Baca Juga: Apa Itu Perjuangan Kelas?

Kehidupan Awal

Friedrich Engels lahir pada 28 November 1820 di Barmen, Jerman barat, yang pada saat itu merupakan bagian dari Kerajaan Prusia.

Keluarganya adalah pemilik pabrik yang kaya dan ingin agar Friedrich memasuki bisnis keluarga sesegera mungkin.

Engels muda tidak ingin bergabung dengan perusahaan dan lebih suka melanjutkan pendidikan sedikit lebih lama, tetapi orang tuanya memaksanya untuk meninggalkan sekolah pada usia 17.

Engels menjadi pemagang, belajar perdagangan pertama di perusahaan keluarganya dan kemudian di sebuah perusahaan ekspor di Bremen.

Engels mulai banyak membaca dan menjadi tertarik pada ajaran filsuf Jerman G.W.F. Hegel.

Salah satu karya Hegel yang paling terkenal adalah The Philosophy of Right (1821), ketika ia menggambarkan pentingnya negara dalam memungkinkan individu untuk menjalankan kehendak bebas.

Engels memulai karir menulisnya sendiri, menerbitkan artikel yang mengutuk efek industrialisasi. Dia menggunakan nama samaran untuk menghindari mempermalukan keluarganya.

Pada tahun 1841, Engels memulai dinas militer di unit artileri Angkatan Darat Prusia. Berbasis di Berlin, ia dapat menghadiri kuliah di universitas dan bergabung dengan Hegelian Muda. Dia terus menulis artikel surat kabar.

Selama waktunya di Berlin Engels menjadi seorang komunis, dan juga seorang ateis, sesuatu yang akan sangat mengejutkan keluarga Protestan yang taat.

Baca Juga: Apa Itu Komunisme?

Dia percaya bahwa revolusi komunis tidak dapat dihindari di suatu tempat di Eropa, karena kondisi para pekerjanya yang tertindas dan jumlah mereka yang besar.

Berteori bahwa Inggris akan menjadi lokasi yang mungkin untuk revolusi komunis, Engels mengambil kesempatan untuk pergi dan bekerja di salah satu pabrik keluarganya di Salford pada tahun 1842.

Dia berhenti dalam perjalanan di kantor surat kabar yang telah dia tulis, Rheinische Zeitung di Cologne. Di sini untuk pertama kalinya, ia bertemu dengan editor surat kabar tersebut, Karl Marx, yang berbagi banyak pandangan Engels tentang sistem kelas.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini