Sejauh Ini, Giring Masih Jadi Dagelan Politik

Sejauh Ini, Giring Masih Jadi Dagelan Politik Kredit Foto: Instagram/giring

Beberapa waktu terakhir, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Giring Ganesha tengah disorot tajam lantaran pidato sensasionalnya beberapa waktu lalu. Dalam pidatonya pada acara ulang tahun PSI, Kamis (23/12/2021) lalu tersebut, Giring kembali menyerang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Seperti diketahui, pada acara yang dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu, Giring selaku Ketua Umum PSI yang diberikan tugas untuk mengisi pidato dengan lantang menyatakan bahwa Ubdibesua akan suram jika dipimpin oleh presiden 'pecatan' dan pembohong.

Meskipun tak secara gamblang menyebut nama Anies, semua tahu bahwa pernyataannya itu secara tak langsung menyasar sang Gubernur Ibu Kota. Giring sendiri juga menberikan clue bahwa orang yang ia maksud, yakni seorang yang pernah dipecat dari kabinet, dan Anies memang salah satu sosok yang pernah dipecat Jokowi dari jabatan Mendikbud.

"Indonesia akan suram jika yang terpilih kelak adalah seorang pembohong, dan juga pernah dipecat oleh Pak Jokowi karena tidak becus bekerja," ucap Giring yang disambut tepuk tangan kader yang hadir.

Sontak saja, pidatonya tersebut menjadi viral dan menuai banyak sekali hujatan dari berbagai pihak, terutama pihak oposisi pemerintah. Banyak di antara mereka yang menyerang Giring hingga ke ranah pribadinya, berbagai macam hujatan mulai dari menyebut Giring sebagai sampah politik hingga menyebut otaknya dangkal.

Tak hanya itu, rekam jejak Giring bahkan diungkit oleh sejumlah pihak, yakni terkait jenjang pendidikannya. Seperti diketahui, Giring dikabarkan merupakan mahasiswa Univeritas Paramadina yang drop out hingga dua kali. Sebelumnya, Giring sempat berkuliah di sana namun dikeluarkan pada 2011 lantaran sibuk bermusik bersama Nidji. Ia sempat kembali mendaftar pada 2017 namun kembali drop out pada semester genap tahun akademik 2020/2021 karena jarang masuk kuliah.

Terlebih, Giring pertama kali dikeluarkan dari kampus tepat saat Anies Baswedan menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina pada 2011 silam. Hal ini banyak menimbulkan tudingan-tudingan miring terhadap eks-vokalis Nidji tersebut dan bahkan membuat heran sejumlah pihak lantaran dirinya mampu terpilih sebagai Ketua Umum Partai Politik, sementara kuliahnya tak tuntas.

Baca Juga: Latar Belakang Pendidikan Giring PSI Dibongkar, Fahri Hamzah Pasang Badan: Nggak Apa-apa DO yang Penting Jago Debat

Namun memang, di kancah politik Giring tampak masih amatir lantaran manuver-manuvernya terkesan tidak berkelas karena hanya berisi politik permusuhan. Bukan sekali ini saja Giring menyerang Anies secara pribadi, sebelumnya diketahui Giring juga sempat viral lantaran dirinya tampil pada sebuah video PSI dengan mengangkat narasi serupa, yakni menuding Anies sebagai pembohong dan tak pantas dipilih menjadi Presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Saat itu, sama halnya dengan saat ini, Giring juga dikritik habis oleh banyak pihak lantaran mengangkat narasi tak berbobot dan hanya mengandung unsur tudingan tak berdasar. Dirinya dinilai tidak mengangkat narasi yang sarat argumen yang dapat dipertanggung jawabkan ataupun memberikan gagasan yang dapat menjadi solusi yang sudah sepatutnya dilakukan oleh seorang politikus.

Giring sendiri juga tergolong masih baru dalam perpolitikan Tanah Air, dimana dirinya baru aktif terjun ke politik pada 2017 lalu dengan bergabung ke PSI. Saat itu, Giring terjun ke politik bersamaan dengan fenomena ramainya para artis yang mendadak terjun ke politik. Dirinya pun sempat diundang ke acara Mata Najwa pada 2017 lalu bersama sejumlah artis lain yang ingin terjun menjadi calon legislatif seperti Dearly Idol, Tina Toon, dan lain-lain.

Dalam kesempatan tersebut, Najwa Shihab selaku pembawa acara mengadakan sesi 'unjuk gigi' para artis tersebut untuk menunjukkan taji mereka sebagai sosok politisi. Adapun Dearly berunjuk gigi lewat sebuah lagu yang liriknya berisi kritik sosial terkait keadaan politik dan masyarakat. Sementara Giring yang juga mendapatkan kesempatan tersebut memilih untuk berpidato.

Sama seperti Dearly yang 'unjuk gigi'-nya dinilai tak berbobot, pidato Giring memperoleh cibiran dari netizen lantaran hanya berisi retorika belaka yang dibungkus dengan gaya berapi-api ala Presiden Soekarno. Banyak netizen yang menganggap kesempatan tersebut sebagai ajang komedi para artis-artis yang mendadak ingin menjadi anggota DPR RI.

Baca Juga: Duh... Bro Giring, Statementnya Bikin Melek Kalau Anda Politisi Baru Tapi Minim Etika

Adapun pada Pemilu Legislatif 2019 lalu, Giring yang diusung PSI gagal memperoleh jatah kursi parlemen bersamaan dengan PSI yang juga tak berhasil memenuhi ambang batas 4 persen parlemen lantaran hanya memperoleh sebesar 1,89 suara. Uniknya, beberapa waktu lalu Giring diketahui sempat mengklaim dirinya akan menjadi calon Presiden pada Pilpres 2024 mendatang dan sempat pula memasang sebuah baliho.

Hanya saja, hal tersebut tampak terkesan seperti angin lalu saja. Pasalnya, nama Giring sejauh ini sama sekali belum pernah masuk ke dalam bursa capres di berbagai survei. Giring juga sejauh ini kerap dinilai banyak pihak hanya mencari sensasi saja untuk meningkatkan popularitas politiknya. Hal ini tak seperti politisi pada umumnya yang membangun citra dengan merangkak dari bawah.

Belum pernah ada gagasan besar yang ditampakkan oleh Giring yang sebanding dengan besarnya aksi dirinya dalam melontarkan pernyataan-pernyataan sensasional seperti menjatuhkan Anies Baswedan atau mengklaim dirinya akan menjadi capres. Dan sikapnya tersebut tentu saja tak hanya mencoreng reputasinya sebagai politisi, namun pihak lain yang berkaitan dengannya seperti partainya PSI. Bahkan, Presiden Jokowi juga sempat terkena imbas aksinya saat menyerang Anies Baswedan pada pidatonya kemarin.

Wajar saja, Giring dianggap banyak pihak hanyalah sosok politisi amatir yang hanya mencari sensasi. Giring yang begitu dipuja saat dirinya menjadi front man Nidji selama 15 tahun dengan lagu-lagu apik nan inspiratif, serta gaya unik dan rambut kribonya, justru kini hanya menjadi dagelan di politik Tanah Air yang kerap dicibir dari berbagai penjuru.

Baca Juga: Giring Ganesha Main Serang, Hati-hati Jadi Bumerang Untuk PSI

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini