Biografi Adam Smith: Bapak Ekonomi

Biografi Adam Smith: Bapak Ekonomi Kredit Foto: Adam Smith Business School

Adam Smith adalah seorang ekonom dan filsuf yang menulis apa yang dianggap sebagai "kitab suci kapitalisme," The Wealth of Nations, di mana ia merinci sistem ekonomi politik pertama.

Baca Juga: Apa Itu Kapitalisme?

Kehidupan Awal

Sementara tanggal pasti kelahirannya tidak diketahui, pembaptisan Smith dicatat pada tanggal 5 Juni 1723, di Kirkcaldy, Skotlandia.

Dia menghadiri Sekolah Burgh, di mana dia belajar bahasa Latin, matematika, sejarah dan menulis.

Smith memasuki Universitas Glasgow ketika dia berusia 14 tahun dan pada 1740 pergi ke Oxford.

Ekonomi

'Kekayaan negara'

Kembali ke rumahnya di Kirkcaldy, Skotlandia, pada tahun 1746 setelah enam tahun belajar di Oxford, Adam Smith mencari pekerjaan yang sesuai dan melalui hubungan keluarga menerima kesempatan untuk mempresentasikan kursus kuliah umum di Edinburgh tentang retorika dan surat-surat belles.

Baca Juga: Apa Itu Anti-Kapitalisme?

Setelah bekerja keras selama sembilan tahun, pada tahun 1776, Smith menerbitkan An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (biasanya disingkat The Wealth of Nations), yang dianggap sebagai karya pertama yang didedikasikan untuk studi ekonomi politik.

Ekonomi saat itu didominasi oleh gagasan bahwa kekayaan suatu negara paling baik diukur dengan simpanan emas dan peraknya.

Smith mengusulkan bahwa kekayaan suatu negara harus dinilai bukan dengan metrik ini tetapi dengan total produksi dan perdagangannya—sekarang dikenal sebagai produk domestik bruto (PDB).

Dia juga mengeksplorasi teori pembagian kerja, sebuah ide yang berasal dari Plato, di mana spesialisasi akan mengarah pada peningkatan kualitatif dalam produktivitas.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini