Apa Itu Magonisme?

Apa Itu Magonisme? Kredit Foto: http://www.promovio.org/grafik/layout/nachrichten/051025/RFM.jpg

Magonisme adalah aliran pemikiran pelopor Revolusi Meksiko tahun 1910 dengan ideologi anarkis atau anarko-komunis. Istilah ini dibuat langsung oleh Ricardo Flores Magon.

Baca Juga: Apa Itu Anarko-Komunisme?

Dalam pembuatan gagasan ini, Magon dibantu oleh saudara-saudaranya Enrique dan Jesus, dan juga kolaborator lain dari surat kabar Meksiko Regeneración (organ dari Partai Liberal Meksiko), seperti Práxedis Guerrero, Librado Rivera dan Anselmo L. Figueroa.

Sebagai seorang aktivis dan pemimpin politik, Magon menjadi sangat terkenal karena filosofinya tentang anarki sehingga namanya digunakan untuk mendefinisikan bagaimana dia dan para pengikutnya berpikir dan bertindak.

Inti dari filosofi ini adalah keinginan untuk menghapus status quo pemerintah di Meksiko selama waktu itu.

Selama awal dan paruh baya Magon, Meksiko berada di bawah kediktatoran, diperintah oleh satu orang yang memegang kekuasaan tertinggi, menindas rakyat, dan mengumpulkan kekayaan untuk dirinya sendiri.

Sistem pemerintahan ini dilihat oleh Magon dan pengikutnya sebagai jahat dan tidak pantas, mendorong mereka untuk membentuk kelompok baru yang disebut Klub Liberal.

Segera setelah itu, dia dan kelompoknya memulai jurnal politik bernama Regeneracion, yang bertujuan untuk mempromosikan cita-cita anarkis dan menyerang kediktatoran yang ada.

Sebagian besar Magonisme berjumlah tiga strategi:

  1. idealisme anarkis untuk rakyat
  2. demonstrasi dan pemberontakan
  3. penggulingan rezim saat ini

Baca Juga: Novel Bamukmin Blak-blakan: FPI Itu Penjaga Negara dan Agama, Rezim Sadar Dong!

Komponen pertama Magonisme adalah tentang kesetaraan bagi orang-orang. Magon tidak setuju dengan gagasan tentang satu atau beberapa orang yang memegang semua kekuasaan dan kekayaan di Meksiko. Anarki, dipercayai magon sebagai obat untuk ketidaksetaraan ini.

Dia dan para pengikutnya juga berdemonstrasi menentang pemerintahan totaliter yang korup, bahkan sampai melakukan pemberontakan bersenjata.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini