Biografi Sandiaga Uno: Menteri Kemenparekraf yang Punya Segudang Prestasi dan Gelar

Biografi Sandiaga Uno: Menteri Kemenparekraf yang Punya Segudang Prestasi dan Gelar Kredit Foto: Instagram/Sandiaga Salahuddin Uno

Sandiaga Uno dikenal sebagai pengusaha muda dan politisi Indonesia. Saat ini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Memiliki nama lengkap Sandiaga Salahudin Uno lahir dari keluarga harmonis yaitu Mein R. Uno dan Razif Halik Uno. Beliau Lahir di  Rumbai, Pekanbaru, Provinsi Riau, pada tanggal 28 Juni 1969.

Baca Juga: Kemenag Siapkan Jaringan 5.901 KUA untuk Bimbingan Pra Nikah

Ayah Sandi bernama Razif Halik Uno lahir pada tanggal 1 Maret 1936, Gorontalo. Awalnya sang ayah bekerja sebagai seorang karyawan perusahaan Caltex Provinsi Riau. Kemudian setelah masa kerjanya berakhir ia mengajak keluarganya untuk pindah ke Jakarta pada tahun 70an.

Pendidikan Sandiaga Uno

Sandiaga Uno menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai menempuh jenjang SMP 12 Wijaya Kota Jakarta, ia lakukan dengan penuh semangat dan nilai yang baik. Selanjutnya Sandi melanjutkan pendidikannya ke SMA Katolik.

Sandiaga Uno termasuk salah satu siswa yang cerdas dan berprestasi. Sandi berhasil lulus dengan sempurna atau cum laude saat selesai menempuh studi kuliah di Wichita State University Amerika.

Setelah ia lulus dari kampus Wichita State, selanjutnya Sandi bekerja pada Bank Summa yang waktu itu Soeryadjaya sebagai pemiliknya. Kemudian sudah satu tahun bekerja, ternyata prestasinya sangat baik.

Sebelum menjadi pengusaha Ia memulai karir sebagai karyawan bank di tahun 1990. Di bank ini juga ia bertemu dengan seorang konglomerat yang merupakan pemilik dari bank ia sedang bekerja.

Lalu ia melanjutkan pendidikannya di George Washington University menggunakan beasiswa dan lulus dengan IPK 4,00.

Awal Karier Sandiaga Uno

Setelah lulus dari George Washingron University, ia bergabung dengan Seapower Asia Investment Limited yang berada di Singapura pada tahun 1993 dan menempati posisi sebagai manajer investasi.

Baca Juga: Giring Disandingkan Dengan Mark Zuckerberg dan Bill Gates, Roy Suryo: Halunya Kebangetan!

Setelah melakukan pekerjaannya tersebut kira-kira sudah mencapai waktu dua tahun lamanya, kemudian Sandi memutuskan untuk pindah kerja ke Kanada tepatnya pada tahun 1995 an. Perusahaan barunya memiliki nama NTI Resources Ltd dan bahkan ia mendapatkan jabatan tinggi.

Ia lalu pindah ke MP Holding Limited Group di tahun berikutnya. Setelah itu ia terus berubah tempat kerja hingga pada tahun 1997 terjadi krisis moneter yang menyebabkan perusahaan ia bekerja bangkrut.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini