Biografi Ricardo Flores Magon: Reformis dan Anarkis Mexico

Biografi Ricardo Flores Magon: Reformis dan Anarkis Mexico Kredit Foto: http://www.promovio.org/grafik/layout/nachrichten/051025/RFM.jpg

Ricardo Flores Magon lahir pada 16 September 1873, San Antonio Eloxochitlán, Oaxaca, Meksiko dan meninggal 21 November 1922, Leavenworth, Kansas, AS, merupakan reformis dan anarkis Meksiko yang merupakan intelektual prekursor Revolusi Meksiko.

Flores Magón lahir dari ayah pribumi dan ibu mestiza. Ia terlibat dalam aktivisme mahasiswa saat belajar hukum di Mexico City.

Baca Juga: Seruan Terbaru Habib Rizieq: Menteri Bisnis Wabah, Negara Dililit Utang, Lanjutkan Revolusi Akhlak!

Dia pertama kali dipenjara pada tahun 1892 karena memimpin demonstrasi kecil menentang terpilihnya kembali diktator Meksiko Porfirio Díaz.

Dia segera bergabung dengan sekelompok kecil reformis liberal, dengan siapa dia mendirikan majalah Regeneracíon pada tahun 1900.

Flores Magón dipenjarakan dua kali karena aktivitas radikalnya dengan kelompok tersebut, dan pemerintah menekan Regeneracíon pada tahun 1901.

Setelah penangkapan ketiganya pada tahun 1903 karena menentang pemerintah Díaz, Flores Magón dan beberapa radikal lainnya melarikan diri ke Amerika Serikat.

Baca Juga: Biografi Woodrow Wilson: Presiden ke-28 Amerika Serikat yang Terkenal dengan Empat Belas Poin Perjanjian Versailles

Setelah selamat dari upaya pembunuhan di Texas, Flores Magón pindah dengan anggota kelompok lainnya ke St. Louis, Missouri, di mana mereka secara resmi mendirikan Partai Liberal Meksiko (Partido Liberal Mexicano; PLM) pada tahun 1905 dan melanjutkan penerbitan Regeneracíon. Flores Magón menjadi pemimpin PLM yang paling terlihat.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini