Biografi Erick Thohir: Pengusaha Sukses dan Menginspirasi Anak Muda

Biografi Erick Thohir: Pengusaha Sukses dan Menginspirasi Anak Muda Kredit Foto: Dhemas Reviyanto

Erick Thohir merupakan salah satu sosok berpengaruh di Indonesia. Kesuksesan yang dicapai pada usia muda, membuatnya dianggap sebagai tokoh inspiratif patut anak muda ikuti jejaknya.

Hal paling membanggakan dari perjalanan karirnya menjadi Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) ke 9.

Baca Juga: Lihat Kasus Bahar, Mantan Bos BUMN Sedih Sejadi-jadinya sambil Ngegas: Bukan Kriminalisasi

Kehidupan awal dan Pendidikan

Erick Thohir lahir di Jakarta, Indonesia, pada 30 Mei 1970 adalah seorang pengusaha asal Indonesia dan merupakan salah satu pendiri Mahaka Media dan pemilik klub sepak bola Italia, Inter Milan. Ia menjadi terkenal karena aktivitas bisnisnya di bidang olahraga.

Erick adalah anak dari Teddy Thohir, salah satu pemilik (co-owner) dari grup Astra International bersama William Soeryadjaya. Saudaranya, Garibaldi "Boy" Thohir, adalah seorang bankir investasi. Ia juga memiliki kakak perempuan bernama Rika. Tohir kecil turut membantu bisnis keluarga.

Pada tahun 1993 Erick lulus program Master untuk Administrasi Bisnis (Master of Business Administration) dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat, sebelumnya gelar sarjananya (Bachelor of Arts) diperoleh dari Glendale University.

Awal Karier

Sekembalinya ke Indonesia, bersama Muhammad Lutfi, Wisnu Wardhana dan R. Harry Zulnardy, ia mendirikan Mahaka Group. Perusahaan ini membeli Republika pada tahun 2001 saat berada di ambang kebangkrutan. Karena belum berpengalaman di bisnis media, ia mendapat bimbingan dari ayahnya serta Jakob Oetama dari Kompas dan Dahlan Iskan dari Jawa Pos.

Erick menjadi Presiden Direktur PT Mahaka Media hingga 30 Juni 2008, ia kemudian menjabat sebagai komisioner sejak Juni 2010 hingga kini.

Baca Juga: Nicho Silalahi Bilang Rizal Ramli Cocok Jadi Presiden, Ada yang Nyeletuk: Dia Lagi Muji Majikannya, Muji Tuannya Setinggi Langit

Mahaka Group berhasil menguasai majalah a+, Golf Digest, dan Parents Indonesia. Untuk bisnis surat kabar, perusahaan ini memiliki surat kabar Republika dan Sin Chew Indonesia. Mahaka Group juga melebarkan sayapnya di bisnis stasiun TV dan radio seperti JakTV, FeMale Radio, stasiun radio GEN 98.7 FM, dan Prambors FM.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini