Apa itu Komunisme Kiri?

Apa itu Komunisme Kiri? Kredit Foto: Getty Images

“Komunisme Kiri” adalah sebuah faksi di dalam Partai Komunis di Rusia. Mengadopsi prinsip-prinsip Revolusi Rusia tahun 1917, Komunisme Kiri memiliki komitmen dogmatis terhadap Marxisme dan keyakinan idealis dalam perjuangan untuk masyarakat yang sempurna.

Baca Juga: Apa Itu Marxisme?

Komunis kiri menegaskan posisi yang mereka anggap lebih otentik Marxis daripada pandangan Marxisme-Leninisme yang dianut oleh Komunis Internasional setelah Bolshevisasi oleh Joseph Stalin dan selama kongres kedua.

Oposisi di luar partai ditekan secara bertahap pada paruh pertama tahun 1918, tetapi oposisi internal Komunis terhadap kebijakan Vladimir Lenin bertahan sampai setelah berakhirnya perang saudara.

Secara umum, ada dua aliran komunisme kiri, yaitu kiri Italia dan Belanda-Jerman. Kiri komunis di Italia dibentuk selama Perang Dunia I dalam organisasi seperti Partai Sosialis Italia dan Partai Komunis Italia.

Kiri Italia menganggap dirinya sebagai Leninis di alam, tetapi mencela Marxisme-Leninisme sebagai bentuk oportunisme borjuis terwujud di Uni Soviet di bawah Stalin.

Baca Juga: Biografi Vladimir Lenin: Revolusioner dan Pemimpin Pertama Uni Soviet

Kiri Italia saat ini diwujudkan dalam organisasi seperti Partai Komunis Internasionalis dan Partai Komunis Internasional.

Kiri Belanda-Jerman berpisah dari Vladimir Lenin sebelum pemerintahan Stalin dan mendukung sudut pandang komunis dan Marxis libertarian yang tegas sebagai lawan dari kiri Italia yang menekankan perlunya sebuah partai revolusioner internasional.

Komunisme kiri berbeda dari kebanyakan bentuk Marxisme lainnya dalam keyakinan bahwa komunis tidak boleh berpartisipasi dalam parlemen borjuis, dan beberapa menentang partisipasi dalam serikat pekerja konservatif.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini