Terlepas dari Perilaku Mereka, Status Rizieq dan Bahar Sebagai Habib Tak Bisa Diragukan

Terlepas dari Perilaku Mereka, Status Rizieq dan Bahar Sebagai Habib Tak Bisa Diragukan Kredit Foto: Muhammad Iqba

Habib Rizieq Shihab dan Habib Bahar bin Smith sejak lama memang dikenal sebagai dua sosok pendakwah kontroversial yang populer dengan gaya ceramah mereka yang berapi-api. Hal ini membuat sebagian masyarakat merasa tak cocok dengan keduanya lantaran dianggap tidak mencerminkan sosok ulama yang menunjukan keteduhan.

Belum lagi, keduanya kini sama-sama sedang berstatus sebagai tahanan penjara akibat sejumlah kasus yang menghinggapi mereka. Hal ini semakin membuat sebagian besar pihak beranggapan bahwa keduanya tak pantas menyandang status ulama yang seharusnya dapat menjadi contoh yang baik bagi para pengikutnya.

Lebih jauh, beberapa dari mereka bahkan ada yang meragukan status keduanya sebagai seorang habib atau keturunan (Dzuriyat) Nabi Muhammad SAW. Sejak lama, mereka menganggap bahwa tidak mungkin keturunan seorang nabi yang sempurna justru kerap menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat, khususnya umat beragama.

Bagi mereka, seorang keturunan nabi haruslah menjadi yang paling mampu dalam mencontoh perilaku nabi yang dalam pandangan mereka merupakan sosok yang selalu membuat orang di sekitarnya merasa aman dan nyaman atas keberadaan mereka. 

Baca Juga: Habib Bahar Sudah Dipenjara, Pengikutnya Harus Diwaspadai

Keraguan tersebut bahkan diangkat menjadi sebuah narasi yang mengklaim bahwa faktanya mereka berdua bukanlah seorang habib dan tidak memiliki nasab atau garis keturunan dari Rasulullah. Hal ini salah satunya diklaim oleh unggahan video pada kanal YouTube Pojok Dunia pada Minggu (9/1/2022) dengan judul:

"Berita Terkini ~ Mengejutkan! Semua Terbongkar ~ Ternyata Dua Orang Ini Bukan Habib."

Pada thumbnails video, kanal tersebut juga mencantumkan sebuah foto yang menampilkan sosok Rizieq beserta Bahar dengan didampingi beberapa anggota kepolisian. Tampak mereka digambarkan sedang memberikan keterangan kepada awak media yang ditunjukan lewat mikrofon dari para awak media tersebut.

Adapun pada thumbnails video tersebut, pengunggah mengangkat sebuah narasi yang mengklaim bahwa Rizieq dan Bahar ternyata bukanlah seorang habib sesuai apa yang disampaikan oleh Polda. Berikut bunyi narasi tersebut:

"LANGSUNG DARI POLDA. BAHAR & RIZIEQ TERNYATA BUKAN HABIB?"

Untuk cek fakta, ternyata klaim pada narasi video tersebut adalah keliru. Faktanya, status Rizieq dan Bahar sebagai habib sudah dibuktikan dalam catatan dari Rabithah Alawiyah, yakni sebuah organisasi yang menghimpun WNI keturunan Arab, khususnya para keturunan Nabi Muhammad SAW yang tersebar di Indonesia.

Dalam catatan tersebut, jelas bahwa silsilah Rizieq dan Bahar terbukti sampai ke Nabi Muhammad SAW lewat jalur cucu nabi yang kedua, yakni Husein bin Ali. Rizieq merupakan keturunan ke-38 dari marga Shihab bila diurut sampai ke putri Nabi, yakni Fatimah Az Zahra dan merupakan keturunan ke-39 bila diurut sampai ke Nabi Muhammad.

Adapun silsilah Rizieq tercatat dalam detail personel Makhtab Addaimi milik Rabithah Alawiyah yang terbit pada 8 Septermber 2003 dengan nomor ID nasab 19176. Untuk lengkapnya, berikut catatan silsilah Rizieq:

1. Nabi Muhammad SAW

2. Fatimah Az Zahra Binti Muhammad

3. Al Husein bin Fatimah (bin Ali bin Abi Thalib)

4. Ali Zainal Abidin bin Al Husein

5. Muhammad Al Baqir bin Ali Zainal Abidin

6. Jafar Ash Shadiq bin Muhammad Al Baqir

7. Ali Uraidhy bin Jafar Ash Shadiq

8. Muhammad An Nagieb

9. Isa Arrumi

10. Ahmad Al Muhajir

11. Ubaidillah

12. Alwi Alawiyyin

13. Muhammad bin Alwi

14. Alwi bin Muhammad

15. Ali (Khali' Qasam)

16. Muhammad (Shohib Marbath)

17. Ali bin Muhammad

18. Muhammad (Al Faqih Al Muqoddam)

19. Alwi (Al Ghayyur)

20. Ali bin Alwi

21. Muhammad (Al Mauladawilah)

22. Abdurrahman (Assegaf)

23. Syaikh Abu Bakar (Assakran)

24. Ali (Shohib Al Wirid Al Sakran)

25. Abdurrahman bin Ali

26. Syahabudin (Al Akbar)

27. Abdurrahman (Al Qhodi) (2/190)

28. Syahabudin (Al Asghor) (2/212)

29. Muhammad (2/212) bin Syahabudin

30. Ali bin Muhammad

31. Muhammad bin Ali (2/221)

32. Syaich bin Muhammad

33. Muhammad bin Syaich

34. Husein bin Muhammad

35. Abdullah bin Muhammad

36. Husein bin Abdullah

37. Muhammad bin Abdullah

38. Husein Shihab bin Muhammad

39. Muhammad Rizieq Shihab bin Husein Shihab

Baca Juga: Yang Ngomong Langsung Orang Dekatnya, Kebiasaan Habib Rizieq Pas Dipenjara Ternyata...

Sementara itu, Bahar merupakan keturunan ke-37 dari marga Smith (Semith) bila diurut sampai ke Nabi Muhammad SAW lewat jalur Husein bin Fatimah. Silsilah Bahar juga tercatat dalam Makhtab Addaimi dengan nomor ID nasab 85678. Berikut silsilah lengkap Bahar:

1. Nabi Muhammad SAW

2. Fatimah Az Zahra Binti Muhammad

3. Al Husein bin Fatimah (bin Ali bin Abi Thalib)

4. Ali Zainal Abidin bin Al Husein

5. Muhammad Al Baqir bin Ali Zainal Abidin

6. Jafar Ash Shadiq bin Muhammad Al Baqir

7. Ali Uraidhy bin Jafar Ash Shadiq

8. Muhammad An Nagieb

9. Isa Arrumi

10. Ahmad Al Muhajir

11. Ubaidillah

12. Alwi Alawiyyin

13. Muhammad bin Alwi

14. Alwi bin Muhammad

15. Ali (Khali' Qasam)

16. Muhammad (Shohib Marbath)

17. Alwi (Ammul Faqih)

18. Abdurrahman

19. Ahmad (Al Faqih)

20. Alwi

21. Ahmad

22. Abdurrahman

23. Ali

24. Muhammad (Semith)

25. Abdullah

26. Salim

27. Ali

28. Abdurrahman

29. Ahmad

30. Zein

31. Umar

32. Husein.

33. Abdurrahman

34. Alwi

35. Abdurrahman

36. Ali Smith bin Abdurrahman

37. Bahar bin Smith

Baca Juga: Terbaru dari Habib Bahar, Dengar Baik-Baik, Jangan Kaget!

Adapun dalam video beredar yang mengklaim bahwa keduanya bukan habib hanya berisi keterangan dari sejumlah figur terkait status Rizieq dan Bahar sebagai habib. Dalam video berdurasi delapan menit sembilan detik tersebut, nama pegiatn media sosial Denny Siregar dan Habib Zein Assegaf yang muncul dan dinukil pandqngannya terkait status Rizieq dan Bahar sebagai habib.

Seperti diketahui, status Rizieq dan Bahar sebagai habib memang sudah sejak lama diragukan oleh sebagain masyarakat lantaran pemahaman mereka terhadap habib adalah sosok yang mencerminkan perilaku Nabi Muhammad. Faktanya, habib hanyalah sebuah status yang melambangkan garis keturunan Nabi Muhammad saja dan bukan sebagai cerminan perilaku.

Pada hakikatnya, habib hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, berbeda dengan Nabi Muhammad atau manusia lainnya yang disucikan Tuhan dengan status 'maksum'. Bagaimanapun pandangan sebagian masyarakat terhadap baik Habib Rizieq maupun Habib Bahar, mereka tetaplah habib terlepas dari perilaku baik atau buruk mereka.

Selebihnya, status habib mereka tetap sah selama memiliki bukti yang absah, dalam hal ini adalah diakui oleh Rabithah Alawiyah. Adapun perihal perilaku baik atau buruk mereka akan menjadi tanggung jawab mereka secara pribadi dalam mengemban status sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW.

Adapun dalam video tersebut juga, tak ditemukan pernyataan resmi dari pihak Polda terkait keabsahan status Rizieq dan Bahar sebagai habib seperti yang diklaim dalam narasi video. Gambar dalam thumbnails video tersebut pun merupakan hasil suntingan dan dapat dilihat dari kualitas gambar.

Maka dari itu, video tersebut pun dapat disimpulkan sebagai hoaks. Merujuk kepada '7 Tipe Mis dan Disinformasi', hoaks tersebut tergolong ke dalam kategori 'misleading content' atau konten yang menyesatkan, yakni penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.

Dalam hal ini, pelaku menggunakan informasi yang sesat, yakni klaim bahwa Rizieq dan Bahar bukanlah habib dan sudah dinyatakan oleh pihak Polda. Hal ini dilakukan pelaku untuk membingkai isu terkait keraguan sebagian masyarakat terhadap status Rizieq dan Bahar sebagai habib lantaran perilaku mereka yang dianggap tidak mencontohkan perilaku baik Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Pas Dengar Bahar Smith Bobo Dipenjara, Habib Rizieq Langsung Ngegas: Bela Habib Bahar!

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini