Biografi Nestor Ivanovich Makhno: Pemimpin Revolusioner Anarkisme di Uni Soviet

Biografi Nestor Ivanovich Makhno: Pemimpin Revolusioner Anarkisme di Uni Soviet Kredit Foto: Yakudza

Nestor Ivanovich Makhno adalah pemimpin anarkisme revolusioner, seorang pejuang tak kenal lelah yang dikenal karena kekejamannya dan rasa keadilannya yang tajam.

Baca Juga: Apa Itu Anarkisme?

Namanya adalah yang keempat dalam daftar orang-orang yang diberikan oleh Ordo Bendera Merah, salah satu penghargaan tertinggi Soviet, tetapi juga ditutupi dengan lapisan tebal tinta hitam.

Dalam buku-buku sejarah Soviet, Makhno adalah kejahatan yang tak terbantahkan. Hingga saat ini ia masih menjadi sosok yang memicu perdebatan sosial yang hangat.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Nestor Makhno (atau Mikhno, atau Mikhnevich) lahir di desa Gulyay Pole di Wilayah Ekaterinoslav pada 27 Oktober 1888 dalam keluarga seorang kusir yang sangat miskin.

Ayahnya meninggal pada tahun berikutnya dan pada usia tujuh tahun ia dipekerjakan menggembalakan sapi dan domba untuk petani setempat. Kemudian dia mendapatkan pekerjaan sebagai buruh tani.

Dia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Ada legenda bahwa pakaian pendeta yang membaptis Nestor muda terbakar, yang menurut takhayul populer adalah tanda yang jelas bahwa seorang pembuat onar besar telah lahir.

Dalam dokumen ayahnya menulis bahwa anak itu lahir pada tahun 1889 – sebuah trik kecil yang sering digunakan untuk menunda wajib militer awal, yang kemudian menyelamatkan nyawa Nestor.

Pada usia delapan tahun, anak laki-laki itu memasuki sekolah paroki di mana dia menghabiskan empat tahun. Suatu tahun dia jatuh cinta dengan skating - begitu banyak sehingga dia mengambil buku-bukunya di pagi hari tetapi tidak pernah berhasil sampai ke sekolah, menghabiskan sepanjang hari di arena skating.

Di musim dingin Nestor pergi ke sekolah, di musim panas ia mendapat pekerjaan dengan pemilik tanah setempat menggembalakan domba dan sapi. Setelah sekolah paroki ia menjadi magang untuk seorang tukang kayu.

Baca Juga: Biografi Vladimir Lenin: Revolusioner dan Pemimpin Pertama Uni Soviet

Pada usia 16 tahun, Nestor bergabung dengan studio drama dan teater amatir lokal, yang berfungsi sebagai kedok untuk organisasi revolusioner yang disebut "The Union of Poor Bread Growers."

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini