Apa Itu Makhnocshchina?

Apa Itu Makhnocshchina? Kredit Foto: Yakudza

Makhnovshchina atau Makhnovia, juga dikenal sebagai Wilayah Bebas merupakan bentuk masyarakat anarkis tanpa kewarganegaraan di beberapa bagian Ukraina selama Revolusi Rusia 1917–1923.

Gerakan ini telah ada dari tahun 1918 hingga 1921, selama waktu itu soviet-soviet bebas dan komune libertarian beroperasi di bawah perlindungan Tentara Pemberontakan Revolusioner Nestor Makhno.

Daerah itu berpenduduk sekitar tujuh juta jiwa. Makhnovia didirikan dengan direbutnya Huliaipole oleh pasukan Makhno pada 27 November 1918. Staf pemberontak didirikan di kota, yang menjadi ibu kota de facto wilayah tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Libertarianisme?

Pasukan Rusia dari gerakan Putih, di bawah Anton Denikin, menduduki sebagian wilayah tersebut dan membentuk pemerintahan sementara Rusia Selatan pada Maret 1920, yang mengakibatkan ibu kota de facto dipindahkan sebentar ke Katerynoslav (Dnipro modern).

Pada akhir Maret 1920, pasukan Denikin mundur dari daerah itu, setelah diusir oleh Tentara Merah bekerja sama dengan pasukan Makhno, yang unit-unitnya melakukan perang gerilya di belakang garis Denikin.

Makhnovia dibubarkan pada 28 Agustus 1921, ketika Makhno yang terluka parah dan 77 anak buahnya melarikan diri melalui Rumania setelah beberapa pejabat tinggi dieksekusi oleh pasukan Bolshevik.

Sisa-sisa Tentara Hitam terus bertempur sampai akhir tahun 1922. Karena Makhnovia mengorganisir dirinya sendiri menurut prinsip-prinsip anarkis, referensi untuk "kontrol" dan "pemerintah" sangat kontroversial.

Baca Juga: Habis Buat Kontroversi Soal 'Allahmu Lemah', Tiba-tiba Ferdinand Ngaku Sudah Mualaf, Sejak Kapan?

Misalnya, kaum Makhnovis, yang sering disebut-sebut sebagai bentuk pemerintahan (dengan Makhno sebagai "pemimpin") mereka, memainkan peran militer murni, dengan Makhno sendiri hanya berfungsi sebagai ahli strategi dan penasihat militer.

The Makhnovist Movement and Nestor Makhno

Gerakan Makhnovis tumbuh dari tradisi kaum tani di Ukraina Tenggara, sebuah daerah yang memiliki tradisi kemerdekaan dan pemberontakan petani.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini