Apa itu Komunisme Dewan?

Apa itu Komunisme Dewan? Kredit Foto: Freepik

Komunisme Dewan adalah teori perjuangan dan revolusi kelas pekerja yang menyatakan bahwa cara yang akan digunakan pekerja untuk melawan kapitalisme, menggulingkannya, dan membangun serta mengelola masyarakat komunis, adalah dewan pekerja.

Secara historis, dewan pekerja (atau ‘soviet’, dari kata Rusia untuk dewan) pertama kali muncul di Rusia pada tahun 1905. Selama tahun itu, para pekerja di banyak kawasan industri melakukan pemogokan massal.

Baca Juga: Anies Lengser Sebentar Lagi, PDI Perjuangan Akui Pertimbangkan Ahok Maju Pilkada DKI 2024

Dengan tidak adanya organisasi serikat buruh yang tersebar luas, pemogokan ini diorganisir oleh komite delegasi yang dipilih dari lantai pabrik. Dimana pekerja dari beberapa perdagangan atau industri mogok pada saat yang sama, delegasi dari komite pemogokan yang terpisah sering bertemu di badan-badan pusat untuk menyatukan dan mengkoordinasikan perjuangan.

Contoh paling terkenal dari hal ini adalah Soviet St Petersburg, yang dibentuk pada Oktober 1905. Selain agitasi atas masalah ekonomi, seperti pembatasan panjang hari kerja, soviet mengajukan tuntutan politik, seperti untuk pertemuan Majelis Konstituante.

Peristiwa di Rusia pada tahun 1905 membuat dampak yang cukup besar pada kaum revolusioner di Eropa Barat, dan khususnya Jerman.

Namun, pada tahap ini, soviet-soviet belum dianggap sebagai ciri perjuangan yang paling penting;

Anton Pannekoek, seorang teoretisi terkemuka dari dewan komunisme yang tulisannya akan menjadi dasar dari catatan ini, kemudian mengingat bahwa soviet ‘hampir tidak diperhatikan sebagai fenomena khusus’ pada saat itu.

Sebaliknya, pemogokan massal tahun 1905 yang membuat kesan terbesar, seperti yang dilambangkan oleh catatan terkenal Rosa Luxemburg tahun 1905, yang berjudul Pemogokan Massal, dan yang hanya berisi satu referensi singkat tentang soviet.

Bagi kaum revolusioner seperti Pannekoek dan Luxemburg dari ‘sayap kiri’ Partai Sosial Demokrat Jerman (SPD), pemogokan massal adalah salah satu tanda pertama daruratnya bentuk-bentuk organisasi dan perjuangan baru yang sesuai dengan perkembangan baru dalam kapitalisme.

Baca Juga: Apa Itu Kapitalisme?

Ketika dewan-dewan buruh muncul kembali di Rusia setelah Revolusi Februari 1917, mereka melampaui titik yang mereka capai pada tahun 1905, menempatkan diri mereka sebagai saingan otoritas negara dan kemudian (atau begitulah kelihatannya pada saat itu) merebut kekuasaan. Sendiri dalam Revolusi Oktober.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini