Biografi Fadli Zon: Ketua DPR RI Periode 2014-2019

Biografi Fadli Zon: Ketua DPR RI Periode 2014-2019 Kredit Foto: Istimewa

Dr. H. Fadli Zon, S.S., M.Sc. (lahir di Jakarta, Indonesia, 1 Juni 1971; umur 46 tahun) adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2014 – 2019.

Bersama Prabowo Subianto dan beberapa tokoh nasional, ia ikut mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya dan menjabat sebagai wakil ketua.

Baca Juga: Anak Buah Prabowo Beraksi: Tolak Kenaikan Tarif Listrik 2022!

Sejak 8 Oktober 2015, ia juga dipercaya sebagai Chairman of Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) atau Presiden Organisasi Parlemen Antikorupsi Sedunia.

Awal Kehidupan

Fadli Zon lahir di Jakarta, 1 Juni 1971 adalah putera pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Zon Harjo dan Ellyda Yatim. Kedua orangtuanya berasal dari Minangkabau, Payangkumbuh, Sumatera Barat.

Ayahnya meninggal dalam kecelakaan saat Fadli masih remaja. Hal ini membuat ibunya harus bekerja keras menyekolahkan ketiga anaknya. Fadli Zon kemudian menjadi pemburu beasiswa. Dia sadar hanya dengan itu dia bisa sekolah setinggi-tingginya.

Pendidikan
Ia melanjutkan pendidikan SMP-nya di Gadog, Bogor, dan kemudian pindah ke Jakarta.  Fadli belajar selama dua tahun di SMA Negeri 31, Jakarta Timur, sebelum akhirnya mendapat beasiswa dari AFS (American Field Service) ke San Antonio, Texas, Amerika Serikat.

Baca Juga: Fadli Zon Beri Catatan Kritis pada Pemerintah Jokowi selama Setahun Terakhir

Ia menyelesaikan pendidikan sarjana pada Program Studi Rusia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) dan Master of Science (M.Sc) Development Studies dari The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini