Apa Itu Feminisme?

Apa Itu Feminisme? Kredit Foto: Flickr.com

Feminisme adalah pendekatan interdisipliner terhadap isu-isu kesetaraan dan kesetaraan berdasarkan gender, ekspresi gender, identitas gender, jenis kelamin, dan seksualitas sebagaimana dipahami melalui teori sosial dan aktivisme politik.

Baca Juga: Tokoh NU Bacain Masa Lalu Ferdinand: Dulu Temenan Sama Tukang Politisasi Agama, lalu Maki - maki Jokowi, Sekarang Jadi Penjilat

Secara historis, feminisme telah berkembang dari pemeriksaan kritis ketidaksetaraan antara jenis kelamin ke fokus yang lebih bernuansa pada konstruksi sosial dan performatif gender dan seksualitas.

Teori feminis sekarang bertujuan untuk menginterogasi ketidaksetaraan dan ketidaksetaraan di sepanjang garis interseksi kemampuan, kelas, gender, ras, jenis kelamin, dan seksualitas.

Feminis berusaha untuk mempengaruhi perubahan di bidang-bidang di mana interseksionalitas ini menciptakan ketidaksetaraan kekuasaan.

Diskusi intelektual dan akademis tentang ketidaksetaraan ini memungkinkan siswa kami untuk pergi ke dunia dengan kesadaran akan ketidakadilan dan bekerja untuk mengubah dinamika yang tidak sehat dalam skenario apa pun.

Aktivis politik feminis berkampanye di bidang-bidang seperti hak-hak reproduksi, kekerasan dalam rumah tangga, keadilan, keadilan sosial, dan isu-isu tempat kerja seperti cuti medis keluarga, upah yang setara, dan pelecehan dan diskriminasi seksual.

Setiap kali stereotip, objektifikasi, pelanggaran hak asasi manusia, atau penindasan interseksional terjadi, itu adalah masalah feminis.

Baca Juga: Polemik Kenaikan UMP Jakarta, Pengamat Sebut Sejatinya Anies Harus Berpihak Kepada Buruh

Pendekatan Feminsime

Feminisme membawa banyak hal ke filsafat termasuk tidak hanya berbagai klaim moral dan politik tertentu, tetapi cara bertanya dan menjawab pertanyaan, dialog konstruktif dan kritis dengan pandangan dan metode filosofis arus utama, dan topik penyelidikan baru.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini