Duh... Ngomongin Soal Pria Tendang Sesajen, Wamenag Sampai Sesalkan...

Duh... Ngomongin Soal Pria Tendang Sesajen, Wamenag Sampai Sesalkan... Kredit Foto: Screencapture

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi menyesalkan tindakan orang yang menendang sesajen di Gunung Semeru.

"Hal tersebut menunjukkan tumpulnya rasa kesadaran keberagamaan dalam masyarakat yang majemuk. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam suku, adat istiadat, budaya dan agama. Hal tersebut menuntut adanya sikap toleransi," kata dia daei keterangan tertulis yang dikutip pada Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Gara-Gara Pria Tendang Sesajen, Eh Pelapor Ferdinand Disenggol: Lirik Dong, Ini Jelas-Jelas...

Menurutnya, sikap toleransi merupakan sikap yang menunjukkan keterbukaan untuk menerima, mendengar dan menghormati orang lain yang berbeda pandangan dan keyakinan dengan kita.

"Apa pun alasannya menendang sesajen itu satu bentuk tindakan yang tidak terpuji. Kita harus bisa saling menghormati perbedaan yang ada. Kita tidak bisa memaksakan semua orang memiliki pemahaman dan keyakinan yang sama," katanya.

Islam, menurutnya, melarang umatnya mencela apalagi menistakan agama lain, termasuk melakukan tindakan-tindakan yang menjurus terhadap penghinaan terhadap agama lain.

"Islam mengajarkan dakwah dengan cara yang baik (ma'ruf), begitu juga mencegah kemungkaran harus dengan cara yang baik, tidak boleh dengan cara yang mungkar," ujarnya.

Baca Juga: Viral Pria Tendang Sesajen, Guntur Romli: Lihat Mukanya Sudah Jelas Aura Terorisnya

Lebih lanjut, ia pun mengapresiasi langkah kepolisian yang cepat bergerak untuk menangkap yang bersangkutan agar mempertanggung jawabkan perbuatannya.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu kerukunan antarumat beragama," tandasnya.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini