Beredar Foto Wanita Amerika Serikat Pakai Kaos Bertuliskan Umpatan Kepada Anies, Berikut Faktanya

Beredar Foto Wanita Amerika Serikat Pakai Kaos Bertuliskan Umpatan Kepada Anies, Berikut Faktanya Kredit Foto: Twitter/Anies Baswedan

Baru-baru ini, beredar sebuah foto seorang wanita tua bule yang tampak tengah mengenakan kaos yang bertuliskan kata-kata umpatan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Diketahui, wanita dengan kaos bertuliskan kata-kata kasar berbahasa Inggris tersebut merupakan seorang warga negara Amerika Serikat.

Adapun foto tersebut sempat ramai setelah diunggah oleh pemilik akun Facebook bernama Arifianto Arifianto beberapa waktu lalu. Dalam kaos warna ungu yang dikenakan wanita dalam foto tersebut, tampak seuntai kalimat berbahasa inggris yang bernada mengumpat kepada Anies. Berikut bunyi kata-kata pada kaos tersebut:

"FUCK ANIES. IF YOU LIKE ANIES, FUCK YOU TOO!"

Adapun pengunggah foto tersebut juga mengangkat narasi sebagai berikut pada caption unggahannya:

"Kaos pesanan Oma sudah sampai langsung dipakai buat selfie :D"

Untuk cek fakta, ternyata foto tersebut merupakan foto yang sudah disunting sedemikian rupa. Pasalnya, saat ditelusuri menggunakan mesin pencarian Yandex, foto asli yang identik dengan foto suntingan tersebut dapat ditemukan banyak di internet yang isinya bukanlah ditujukan terhadap Anies, melainkan kepada eks-Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Dalam foto aslinya, tertulis kalimat sebagai berikut:

"FUCK TRUMP. IF YOU LIKE TRUMP, FUCK YOU TOO!"

Adapun kaos tersebut faktanya tak hanya dikenakan oleh wanita tersebut saja, namun juga dikenakan oleh banyak orang lainnya yang terindikasi merupakan kelompok yang kontra terhadap Donald Trump. Seperti diketahui, Trump merupakan sosok kontroversial yang cukup banyak dibenci oleh masyarakat Amerika Serikat maupun dunia.

Maka dari itu, foto yang diunggah akun di atas dapat disimpulkan sebagai hoaks. Merujuk kepada '7 Tipe Mis dan Disinfomasi' hoaks ini tergolong ke dalam kategori 'manipulated content' atau konten yang dimanipulasi, yakni ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

Dalam hal ini, pelaku memanipulasi foto wanita mengenakan kaos dengan tulisan bernada mengumpat kepada Donald Trump dengan cara menyuntingnya seolah tulisan mengumpat tersebut ditujukan kepada Anies Baswedan. Hal ini dilakukan pelaku dengan tujuan untuk menipu khalayak agar percaya seolah hingga warga asing dari Amerika Serikat pun sampai ikut mengumpat Anies guna mencoreng nama baik sang Gubernur Ibu Kota.

Baca Juga: Survei Terbaru! Mas Anies, Oh Mas Anies... Sekarang Dikangkangi Ganjar Pranowo

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini