Habib Bahar Disebut Bayar Ubeidillah Untuk Laporkan Gibran dan Kaesang? Cek Faktanya di Sini!

Habib Bahar Disebut Bayar Ubeidillah Untuk Laporkan Gibran dan Kaesang? Cek Faktanya di Sini! Kredit Foto: Raisan Al Farisi

Beberapa waktu belakangan, nama dua putra Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep tengah menjadi sorotan lantaran dilaporkan ke KPK dengan dugaan KKN dan pencucian uang perusahaan pembakaran hutan PT SM. Diketahui, sosok yang melaporkannya adalah seorang Dosen UNJ bernama Ubeidillah Badrun.

Namun, baru-baru ini beredar narasi yang mengklaim bahwa Ubeidillah melaporkan Gibran dan Kaesang karena dibayar puluhan juta oleh Habib Bahar bin Smith. Hal ini muncul setelah beredarnya sebuah video pada kanal YouTube BERITA TERKINI yang mengunggah sebuah video bernarasi serupa pada judulnya. Adapun judul video tersebut adalah:

"BERITA TERKINI ~ TERNYATA DIBAYAR BAHAR SMITH!! UBEIDILLAH AKUI SEMUANYA DISINI."

Pada thumbnails video, terdapat sebauh foto yang menampilkan Ubeidillah dan Bahar beserta sejumlah anggota kepolisian seolah tengah memberikan keterangan di kantor polisi. Tampak pula gambar tumpukan uang tergeletak di meja kepolisian. Selain itu, terdapat narasi lainnya pada thumbnails video yang mengklaim bahwa karena dibayar oleh Bahar, Ubeidillah berani memfitnah Gibran. Berikut bunyi thumbnails tersebut:

"FAKTA BARU TERUNGKAP!! DIBAYAR PULUHAN JUTA OLEH BAHAR. PANTAS SAJA UBEIDILLAH BERANI FITNAH GIBRAN."

Untuk cek fakta, ternyata narasi yang diangkat pada video tersebut adalah keliru. Faktanya, pada konten dalam video berdurasi 10 menit 23 detik tersebut sama sekali tak ditemukan pembahasan apapun terkait narasi yang diangkat. 

Konten video tersebut hanyalah merujuk pada pelaporan Ubeidillah terhadap Gibran dan Kaesang ke KPK dengan dugaan KKN dan pencucian uang dari perusahan pembakaran hutan yaitu PT SM. Sama sekali tak ditemukan bahwa baik Ubeidillah maupun Bahar memberikan pernyataan seperti yang diklaim pada narasi.

Selain itu, Bahar sendiri kini diketahui tengah menjalani masa tahanan setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan ujaran kebencian dan penyebaran berita bohong oleh Polda Jawa Barat. Ada pun sejauh ini, tak ditemukan informasi valid baik dari pemberitaan media massa maupun sumber resmi yang kredibel yang mendukung klaim yang diangkat dalam narasi video.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa narasi tersebut adalah hoaks. Merujuk kepada '7 Tipe Mis dan Disinformasi' hoaks tersebut tergolong ke dalam kategori 'false connection' atau koneksi yang salah, yakni ketika judul, gambar, atau keterangan tidak mendukung konten.

Dalam hal ini, narasi yang diangkat pelaku pada judul, gambar, dan keterangan video tak mendukung konten dalam video tersebut. Sementara narasinya mengklaim bahwa Ubeidillah Badrun dibayar Bahar bin Smith untuk melaporkan Gibran dan Kaesang, konten dalam video tak menjelaskan sama sekali narasi yang diangkat.

Baca Juga: Ditentang Habis-habisan Sama Gibran, Relawan Jokowi Tetap Polisikan Dosen UNJ, Laporan Sudah Masuk di Polda Metro Jaya Bos!

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini