Biografi Nadiem Makarim: Pendiri Gojek dan Sosok Mentri Pendidikan Indonesia Saat Ini yang Memiliki Banyak Penghargaan

Biografi Nadiem Makarim: Pendiri Gojek dan Sosok Mentri Pendidikan Indonesia Saat Ini yang Memiliki Banyak Penghargaan Kredit Foto: Puspa Perwitasari

Nadiem Makarim mempunyai nama lengkap yaitu Nadiem Anwar Makarim. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa pendiri Gojek adalah Nadiem Makarim, ia lahir di Singapura pada tanggal 4 Juli 1984. Nadiem Anwar Makarim biasa dipanggil dengan nama Nadiem.

Baca Juga: Omongan Orang Partai Umat Nggak Enakin! Nadiem Nikah Beda Agama, Malah Dibilang: Haram Seumur Hidup!

Ayah Nadiem Makarim bernama Nono Anwar Makarim yang lahir di Pekalongan dan memiliki profesi sebagai pengacara yang cukup terkenal dan ia merupakan seorang intelektual lulusan Harvard University dengan gelar yang dimiliki Doktor Ilmu Hukum.

Sedangkan ibu dari Nadiem Makarim bernama Atika Algadrie berasal dari Pasuruan dan bekerja sebagai penulis lepas di bidang non-profit. Atika Algadrie yang merupakan ibu dari Nadiem Makarim merupakan putri dari Hamid Algadri, salah satu perintis kemerdekaan Indonesia.

Nadiem Makarim mempunyai seorang kakak yang bernama Rayya Makarim. Jika Nadiem memilih karirnya sebagai seorang pengusaha dan politikus maka kakaknya memilih dunia film sebagai karirnya. Karir Rayya Makarim dalam dunia film bisa dibilang cukup sukses terutama sebagai penulis skenario. Film yang berjudul 27 Step of may ini ditulis oleh Rayya Makarim dan film ini bisa dibilang cukup sukses karena mendapatkan beberapa penghargaan.

Pada tahun 2014, Nadiem Makarim dan Franka Franklin melakukan pernikahan yang diselenggarakan di Bali. Pernikahan antara Nadiem Makarim dan Franka Franklin dikaruniai satu buah hati perempuan yang bernama Solara Franklin Makarim.

Pendidikan Nadiem Makarim

Pendidikan yang ditempuh oleh Nadiem Makarim berpindah-pindah selama Sekolah Dasar (SD) hingga sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Indonesia, Nadiem Makarim memilih Sekolah Menengah Atas (SMA) di negara Singapura.

Kerja keras dan keseriusan dalam menempuh pendidikan tinggi membuat Nadiem Makarim berhasil menyelesaikan studinya di Brown University, Amerika Serikat dan memperoleh gelar BA. International Relations merupakan jurusan yang dipilih oleh Nadiem Makarim saat menempuh pendidikan di Brown University, Amerika Serikat. Program pertukaran pelajar di London School of Economics pernah diikuti oleh Nadiem Makarim.

Di tahun 2006 dan setelah lulus dari Brown University, Nadiem Makarim bekerja di Mckinsey & Company sebagai konsultan manajemen dan di tahun ketiganya ia berhenti bekerja di Mckinsey & Company dan memilih melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Hal itu dikarenakan, ia merasa kalau ilmu yang dimiliki saat ini masih kurang atau belum cukup. Lembaga pendidikan yang dipilih untuk mendapatkan gelar master ialah Harvard Business School dan business administration merupakan jurusan yang dipilihnya ketika menempuh pendidikan di Harvard Business School.

Nadiem Makarim berhasil mendapatkan gelar MBA (Master of Business Administration) setelah menyelesaikan studinya di Harvard Business School.

Baca Juga: Waduh! Nadiem Makarim Diisukan Akan di-Reshuffle?

Setelah lulus dari Harvard Business School dan kecintaannya pada tanah air Indonesia, putra Nono Anwar Makarim ini memilih kembali ke Indonesia dan melanjutkan karirnya di Indonesia. Saat di Indonesia, Ijazah yang dimiliki oleh Nadiem Makarim membuat ia tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan pekerjaan.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini