Biografi Anies Baswedan: Gubernur DKI Jakarta dan Akademisi Pendidikan Indonesia

Biografi Anies Baswedan: Gubernur DKI Jakarta dan Akademisi Pendidikan Indonesia Kredit Foto: Screencapture

Anies Baswedan saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 2017 lalu dan merupakan seorang akademisi pendidikan Indonesia. 

Sebelumnya, sosok Anies Baswedan telah dikenal sebagai praktisi pendidikan atau akademisi. Selain itu, Anies Baswedan juga pernah menjabat sebagai Rektor Paramadina serta Menteri Pendidikan pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Sudah Mau Digelar, PSI Kembali Desak Anies Baswedan Batalkan Formula E

Sejak terpilih menjadi Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan semakin dikenal masyarakat luas.

Banyak prestasi yang diraih Jakarta namun juga tak sedikit beberapa hal yang menimbulkan pro dan kontra di masyarakat selama Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Kehidupan Awal

Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969 dari pasangan Rasyid Baswedan dan Aliyah. Kedua orang tuanya adalah pendidik. Anies lahir dari keluarga terpelajar. Bapaknya Rasyid Baswedan pernah menjadi  Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia dan ibunya Aliyah adalah guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta.

Sementara itu, kakek Anies Baswedan bernama Abdurrachman Baswedan (AR Baswedan) merupakan pejuang pergerakan nasional dan pernah menjadi Menteri Penerangan pada awal kemerdekaan Indonesia. Anies juga merupakan sepupu dari Novel Baswedan yang merupakan penyidik di KPK.

Selain dididik di keluarga akademisi, Anies Baswedan juga telah akrab dengan dunia organisasi dan kepemimpinan. Bahkan diusia 12 tahun, Anies sudah membentuk kelompok pemuda bernama ‘Kelabang’ (Klub Anak Berkembang) yang memiliki anggota berusia 7 sampai 15 tahun.

Baca Juga: Soal Sirkuit Formula E di Ancol, Sangat Berisiko, Anies Harusnya Mikir Mateng-mateng!

Kelompok Kelabang aktif mengadakan berbagai kegiatan olahraga dan kesenian di kampungnya

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini