Apa Itu Ekososialisme?

Apa Itu Ekososialisme? Kredit Foto: Flickr.com

Eko-sosialisme, sosialisme hijau atau ekologi sosialis adalah ideologi yang menggabungkan aspek sosialisme dengan politik hijau, ekologi dan alter-globalisasi atau anti-globalisasi.

Menurut Victor Wallis, penulis Revolusi Merah-Hijau: Politik dan Teknologi Ekososialisme bahwa Ekososialisme menggabungkan ide-ide ekologi dan sosialisme, yang berarti bahwa Anda memiliki masyarakat tanpa pembagian kelas yang hidup dalam semacam harmoni atau keseimbangan dengan alam

Baca Juga: Ledekan Maut Nicho Silalahi usai Ferdinand Menghilang di Sosial Media, Minta KontraS Turun Tangan: Aku Menduga Dia Diculik!

Eko-sosialis umumnya percaya bahwa perluasan sistem kapitalis adalah penyebab pengucilan sosial, kemiskinan, perang dan degradasi lingkungan melalui globalisasi dan imperialisme, di bawah pengawasan negara-negara represif dan struktur transnasional.

Eko-sosialisme menegaskan bahwa sistem ekonomi kapitalis pada dasarnya tidak sesuai dengan persyaratan ekologi dan sosial dari keberlanjutan.

Jadi, menurut analisis ini, memberikan prioritas ekonomi untuk pemenuhan kebutuhan manusia sementara tetap dalam batas-batas ekologis, sebagai berkelanjutan tuntutan pembangunan, bertentangan dengan cara kerja struktural kapitalisme.

Eko-sosialis menganjurkan pembongkaran kapitalisme, dengan fokus pada kepemilikan bersama atas alat-alat produksi oleh produsen yang berasosiasi secara bebas, dan memulihkan milik bersama.

Ekososialisme menawarkan alternatif radikal untuk status quo yang tidak berkelanjutan. Menolak definisi kapitalis tentang "kemajuan" berdasarkan pertumbuhan pasar dan ekspansi kuantitatif (yang, seperti yang ditunjukkan Marx, adalah kemajuan yang merusak).

Ia menganjurkan kebijakan yang didasarkan pada kriteria non-moneter, seperti kebutuhan sosial, kesejahteraan individu, dan ekologi. keseimbangan.

Ekososialisme mengajukan kritik terhadap “ekologi pasar” arus utama, yang tidak menentang sistem kapitalis, dan “sosialisme produktif” yang mengabaikan batas-batas alam.

Ketika orang semakin menyadari bagaimana krisis ekonomi dan ekologi saling terkait, ekososialisme telah mendapatkan penganutnya.

Baca Juga: Biografi Friedrich Engels: Tokoh Awal Penting Gerakan Komunis Sekaligus Teman Dekat Karl Marx

Ekososialisme, sebagai sebuah gerakan, relatif baru, tetapi beberapa argumen dasarnya berasal dari tulisan-tulisan Marx dan Engels.

Sekarang, para intelektual dan aktivis sedang memulihkan warisan ini dan mencari restrukturisasi radikal ekonomi sesuai dengan prinsip-prinsip perencanaan ekologis yang demokratis, dengan mengutamakan kebutuhan manusia dan planet.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini