Ridwan Kamil Pantas Jadi Kepala Otorita IKN, Dilihat Dari Mana?

Ridwan Kamil Pantas Jadi Kepala Otorita IKN, Dilihat Dari Mana? Kredit Foto: Akurat

Ketua Majelis Kode Etik Ikatan Ahli Perencanaan Kota Indonesia Bernardus Djonoputro menyebut Gubernur Jabar Ridwan Kamil pantas menjadi kepala otorita ibu kota negara (IKN).

Menurut Bernardus, Ridwan Kamil sudah menunjukkan kualitasnya saat menjabat sebagai wali kota Bandung maupun gubernur Jabar.

"Setelah jadi gubernur (Ridwan Kamil, red) punya link internasioanal sangat kuat," kata Bernardus, Minggu (23/1/2022) kemarin.

Baca Juga: Pengamat Ini Beberkan Deretan Nama yang Bisa Jadi Calon Kepala IKN Baru: Harus Selevel Menteri!

Dia tidak menampik fakta banyak pemimpin daerah di Indonesia yang berlatar belakang arsitek. Namun, Bernardus meyakini Presiden Joko Widodo alias Jokowi tidak sekadar memilih latar belakang sebagai pertimbangan utama.

"Saya kira dari profil yang harus ada lebih dari sekadar arsitek. Yang bisa disebut arsitek itu apa?" kata pria yang karib disapa Bernie itu.

Kata dia, arsitek harus memiliki pengalaman dan bisa menerjemahkan perencanaan makro ke desain mikro.

Baca Juga: Naskah Akademik RUU IKN Banjir Kritik: Kalah Sama Skripsi Anak S1!

Bernie mengatakan kepala daerah berlatar belakang arsitek yang akan menjadi kepala otorita IKN harus memiliki jaringan global.

Dia menilai pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur akan menjadi perhatian dunia.

“Jadi, network internasional dan pengalaman bekerja dengan investor internasional menjadi sangat penting," pungkasnya.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.com.

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini