Komas HAM Beri Dukungan Polda Sumut untuk Lakukan Penyelidikan Kerangkeng Bupati Langkat

Komas HAM Beri Dukungan Polda Sumut untuk Lakukan Penyelidikan Kerangkeng Bupati Langkat Kredit Foto: Oman

Kapolda Sumut kabarnya didukung oleh pihak Komnas HAM, begini ceritanya. Choirul Anam selaku Komisioner Komnas HAM yang memberikan apresiasi Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Pasalnya, Panca membantu Komnas HAM dalam penyelidikan kerangkeng di rumah pribadi Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Perangin Angin di Desa Raja Tengah, Kabupaten Langkat.

"Kami di sini didukung teman-teman dari Polda Sumut untuk melakukan penyelidikan," katanya pada Kamis (27/1).

Choirul menyebutkan dalam penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM mendapatkan banyak informasi, terutama adanya perbudakan pekerja. Baca Juga: Mengejutkan! Kapolda Sumut Sidak Rumah Kerangkeng Bupati Langkat, Ternyata Sudah Ada Sejak 10 Tahun Lalu

"Jadi kedatangan kami dalam rangka proses penyelidikan terkait adanya laporan yang mengatakan bahwa di rumah Bupati Langkat telah terjadi pelanggaran HAM," ucapnya.

Namun, jelas dia, pihaknya belum bisa memutuskan hasil penyelidikan terkait adanya pelanggaran atau tidak.

"Kami belum bisa memberikan kesimpulan karena Komnas HAM masih melakukan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi," kata Choirul.

Sebelumnya, Migrant Care menemukan penjara/kerangkeng pribadi di belakang kediaman Bupati Langkat. Terdapat 40 orang pekerja yang ditahan di dalam kerangkeng tersebut.

Menurut temuan Migrant Care, para pekerja diduga tidak mendapatkan perlakuan baik, seperti tidak mendapat makanan layak saji, tidak mendapatkan upah/gaji yang sesuai atau bahkan tidak digaji, perlakuan penganiayaan, dan penyiksaan.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini