Kasus Covid-19 Capai 8.000 Per Hari, Forum Pemred Sarankan Lembaga Pemerintah, BUMN, dan Swasta Gelar Acara dan Konferensi Pers Virtual

Kasus Covid-19 Capai 8.000 Per Hari, Forum Pemred Sarankan Lembaga Pemerintah, BUMN, dan Swasta Gelar Acara dan Konferensi Pers Virtual Kredit Foto: Unsplash/Fusion Medical Animation

Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Forum Pemred) prihatin terkait penambahan kasus harian COVID-19 sudah menyentuh angka 8.000 orang per hari. Forum Pemred menyebut kondisi yang memperhatikan ini perlu disikapi secara serius dan diantisipasi dengan pengetatan kembali protokol kesehatan. 

Kenaikan kasus harian COVID-19 yang terus melonjak tidak bisa dibiarkan begitu saja. Semua pihak, termasuk pihak yang terkait dengan media massa, harus mengantisipasi secara serius dengan bersama-sama. Memprioritaskan keamanan dan kesehatan para jurnalis. Peristiwa gelombang kedua beberapa bulan lalu, tidak boleh terulang dan harus menjadi pelajaran. 

Menurut data yang didapat Forum Pemred, beberapa jurnalis dan pekerja media dari berbagai media massa sudah terpapar COVID-19. Bahkan, jumlahnya pun terus bertambah setiap harinya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Legislator Minta PTM Dievaluasi

Maka dari itu, demi terlaksananya tugas-tugas jurnalistik dengan baik, Forum Pemred memberikan rekomendasi, sebagai berikut: 

Lembaga pemerintah, BUMN, swasta, organisasi-organisasi, dan semua pihak untuk selalu menjaga protokol kesehatan secara ketat saat menyelenggarakan acara atau konferensi pers yang didatangi jurnalis. 

Lembaga pemerintah, BUMN, swasta, organisasi-organisasi, dan semua pihak harus mengedepankan penyelenggaan acara atau konferensi pers secara daring/virtual/online. 

Untuk meminimalkan makin banyaknya jurnalis yang terpapar COVID-19, para pemimpin redaksi memastikan manajemen kantor masing-masiing melakukan tracing dengan pemeriksaan uji COVID-19 yang memadai. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Jakarta, Jabar dan Banten Jadi Penyumbang Terbanyak

Populis Discover

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini