Anggota DPR Fraksi PKS Minta Pemerintah Pusat Tutup Museum Holocaust

Anggota DPR Fraksi PKS Minta Pemerintah Pusat Tutup Museum Holocaust Kredit Foto: Sukamta Dok.

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukamta meminta Pemerintah Pusat untuk menutup Museum Holocaust yang dibangun oleh komunitas Yahudi di Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

Pasalnya, menurut dia, Museum tersebut dibangun dengan tujuan mengingat kekejaman Nazi Jerman kepada bangsa Yahudi, akan tetapi pembuat museum itu (Yahudi) saat ini sedang melakukan kekejaman kepada rakyat Palestina.

Hal demikian adalah isu sensitif di Indonesia, kata Sukamta, karena Yahudi identik dengan Negara Israel yang telah dikenal masyarakat Indonesia sebagai penjajah tanah Palestina.

"Israel telah melakukan aneksasi terhadap wilayah Palestina hingga sekarang. Di tengah isu normalisasi hubungan Israel dan Indonesia yang sempat mencuat belum lama ini, lalu muncul berdirinya museum ini, wajar jika tokoh-tokoh nasional dan masyarakat kita mengecam,” tegas Sukamta.

Selain itu, dia juga meminta Menteri Luar Negeri agar memanggil Dubes Jerman untuk Indonesia guna meminta penjelasan atas kehadirannya dalam peresmian Museum Holocaust di Tondano.

"Hal ini mengingat beliau ditugasi di negara Indonesia yang tidak menjalin hubungan diplomatik dengan bangsa Yahudi dan Negara Israel,” ujar Sukamta kepada wartawan, Kamis (3/2/2022).

Dengan demikian, menurut Sukamta, Indonesia akan terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa.

Sukamta juga berpesan permasalahan ini segera dituntaskan sehingga tidak membuat kegaduhan lebih besar yang sebetulnya tidak perlu. Lebih baik energi kita arahkan untuk menghadapi pandemi yang belum juga reda.

Diketahui bahwa Museum Holocaust Shaar Hashamayim Synagogue Minahasa merupakan museum kekejaman Yahudi yang pertama kali ada di Indonedia dan Asia Tenggara. Museum ini berada di Kelurahan Rerewokan, Kecamatan Tondano Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover