Dua Eks Pejabat Dirjen Pajak Divonis Penjara karena Korupsi

Dua Eks Pejabat Dirjen Pajak Divonis Penjara karena Korupsi Kredit Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Dua eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Angin Prayitno Aji dan Dandan Ramdani divonis hukum penjara selama sembilan dan enam tahun oleh Majelis Hakim dalam sidang kasus suap pajak di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Jumat (4/2/2022).

Terdakwa Angin Prayitno juga didenda sebesar Rp 500 juta subsider tiga bulan kurungan penjara. Sedangkan, terdakwa Dandan Ramdani didenda sebesar Rp 300 juta, subsider dua bulan kurungan penjara.

"Mengadili, menyatakan terdakwa I Angin Prayitno Aji dan terdakwa II Dadan Ramdani telah terbukti melakukan korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," kata ketua Majelis Hakim Fahzal Hendri dalam pembacaan putusan.

Hakim Fahzal turut memberikan pidana tambahan berupa membayar uang pengganti kepada masing-masing terdakwa yakni Rp3.375.000.000 dan 1.095.000 dolar Singapura.

Lebih lanjut, kata Hakim Fahzal, bila tidak dibayar dalam waktu satu bulan setelah masa hukumannya berkekuatan hukum tetap. Maka, Jaksa KPK dapat melakukan penyitaan sejumlah harta benda milik para terdakwa untuk membayar uang pengganti.

"Jika tidak mencukupi, diganti pidana dengan dua tahun penjara," ungkap Hakim Fahzal.

Dalam putusan majelis hakim, hal memberatkan terdakwa Angin Prayitno dan Dandan Ramdani tidak sama sekali mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi,kolusi dan nepotisme.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover