Bicara 'Hak Imunitas' Jadi Pelindung Arteria Dahlan, Mantan Jubir KPK Sampai Ngomong Begini

Bicara 'Hak Imunitas' Jadi Pelindung Arteria Dahlan, Mantan Jubir KPK Sampai Ngomong Begini Kredit Foto: Instagram/Arteria Dahlan

Mantan Juru Bicara (jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah melalui akun Twitternya menulis perihal hak imunitas anggota DPR yang tak dapat dipidanakan.

Menurutnya, hak imunitas anggota DPR dibuat agar anggota dewan berani berbicara dan dilindungi hukum saat menjalankan tugas dan membela rakyat.

"Hak Imunitas anggota DPR itu dibuat agar anggota DPR berani bicara dan dilindungi hukum saat jalankan tugas dan membela Rakyat yang diwakilinya," kata Febri dari Twitter @febridiansyah yang dikutip populis.id pada Senin (7/2/2022).

"Ingat, agar berani bicara benar. Bukan asal bicara!" sambungnya.

Baca Juga: Arteria Dahlan Tak Bisa Dipidana, Kenapa?

Ia pun menyodorkan aturan tentang Hak Imunitas di UU MD3.

"Ada juga penjelasan tambahan dari Anggota DPR-RI, Arteria Dahlan di sidang MK tentang apa itu Hak Imunitas," tulisnya.

Terlihat soal hak imunitas pada pasal 224 yang tertera. Sedikit informasi dari wikipedia, hak imunitas adalah hak anggota parlemen untuk bebas berbicara dan mengekspresikan pendapat mereka tanpa boleh dituntut di muka pengadilan.

"Perlu saya klir kan, ini bukan terkait orang tertentu. Tapi pemahaman yang tepat tentang Hak Imunitas seharusnya dalam pelaksanaan juga dijalankan dengan mengingat kewajiban sebagai wakil rakyat," ujarnya.

"Agar Hak Imunitas tidak disalahgunakan atau cenderung berarti kebal hukum saja. Imunitas bukan impunitas," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover