Apa Itu Gaullisme?

Apa Itu Gaullisme? Kredit Foto: Deutsches Bundesarchiv (German Federal Archive), B 145 Bild-F015892-0010

Gaullisme merupakan gerakan politik Prancis selama Perang Dunia II yang dipimpin oleh Charles de Gaulle menentang rezim Vichy.

Setelah kata 'Prancis', mungkin kata yang paling umum dalam tulisan de Gaulle adalah kata 'negara'. Salah satu obsesinya adalah memberikan Prancis konstitusi yang kuat di negara yang telah mengalami gejolak politik seperti itu sejak revolusi.

Baca Juga: Biografi Charles de Gaulle: Dari Tentara Perancis di Perang Dunia Pertama hingga Menjadi Presiden Republik Perancis Kelima

Solusinya adalah konstitusi Republik Kelima Prancis saat ini. De Gaulle adalah seorang Jacobin, percaya pada pemerintah intervensionis, modernisasi teknokratis, perencanaan ekonomi, dan sesuai aturan para ahli.

Sebuah gerakan politik Perancis dengan ideologi menyebar. Meskipun telah berkembang menjadi gerakan hak politik, ia mengandung unsur-unsur yang diambil dari seluruh spektrum politik, dari Action Franaise hingga Partai Sosialis (SFIO).

Gerakan ini berusaha untuk mewujudkan tujuan de Gaulle, khususnya mencapai persatuan di antara orang-orang Prancis melalui kebijakan luar negeri yang patriotik dan independen.

Pada tahun 1947 de Gaulle mendirikan RPF (Rassemblement du Peuple Francais, Persatuan Rakyat Prancis), yang ia harapkan akan mengumpulkan cukup dukungan rakyat untuk gagasan konstitusionalnya tentang kepresidenan yang kuat.

Pada tahun 1952 jelas bahwa RPF telah gagal, yang kemudian dibubarkan dan de Gaulle ditinggalkan di belantara politik.

Sekembalinya ke kantor pada tahun 1958, de Gaulle mendirikan UNR (Union pour la Nouvelle République, Union for the New Republic), yang pemimpinnya, Pompidou, menjadi Perdana Menteri pada tahun 1962 dalam pemerintahan koalisi dengan Giscard d'Estaing.

Berganti nama menjadi UDR (Union des Demokrates pour la Ve République, Persatuan Demokrat untuk Republik Kelima) pada tahun 1968, gerakan ini diluncurkan kembali oleh Chirac sebagai RPR (Rassemblement pour la République, Union for the Republic) pada tahun 1976.

Trauma oleh krisis Mei 1968 yang oleh beberapa orang Galia dilihat sebagai rencana pemberontakan yang terorganisir dan rahasia, mereka mengorganisir banyak aktivisme dan perencanaan teoretis mereka di sekitar ancaman subversif ini.

Hukum dan ketertiban Gaullists ini, didukung oleh penasihat Presiden Jacques Foccart, memantau peringatan dan menyiapkan serangan balik dengan asosiasi dan individu yang dibentuk dalam jaringan.

Mereka memiliki pengaruh terhadap partai Gaullist, pemerintah, Parlemen dan media, bertindak sebagai lobi untuk lebih jauh, kurang lebih efektif, represi.

Meskipun jaringan-jaringan ini terlalu berlainan untuk dianggap sebagai sayap politik yang nyata, mereka membentuk dalam Gaullisme tahun 1968 sebuah arus orisinal yang berbeda dari anti-Komunisme klasik RPF (Rassemblement du Peuple Français).

Gaullists mengadakan kantor utama kekuasaan sampai tahun 1974, ketika Giscard d'Estaing menjadi Presiden, meskipun ia menunjuk Chirac sebagai Perdana Menteri.

Baca Juga: Sentil Polisi pada Ceramah Perdana: Heh Bilangin Sama Ketua Kalian Bahar bin Smith Datang Malam Ini!

Mereka tidak merebut kembali kursi kepresidenan sampai tahun 1995, di bawah Chirac. Menjelang akhir masa jabatan pertamanya, Chirac menjadi tidak populer karena perpecahan di dalam partainya sendiri, dan tuduhan korupsi.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover