Biografi Alexander Berkman: 'Sasha' Kecil Rusia yang Menolak Otoritas Rusia

Biografi Alexander Berkman: 'Sasha' Kecil Rusia yang Menolak Otoritas Rusia Kredit Foto: Lenny Flank

Alexander Berkman, yang dikenal dengan "Sasha" kecil Rusia, lahir di Rusia pada tahun 1870 dari keluarga pedagang yang memiliki ikatan dengan nihilis, sebuah kelompok politik yang menolak semua otoritas mapan.

Baca Juga: Survei DS Soal Ketua Otoritas IKN Baru, Hasilnya Bikin Kaget!

Dia mencontoh pamannya, revolusioner Rusia Mark Andreyevich Natanson. Berkman adalah seorang siswa yang brilian,

Berkman menghadiri gimnasium klasik di St. Petersburg. "Suatu hari... sebuah bom meledak di luar," memecahkan jendela kelas, menurut sejarawan Richard Drinnon.

"Dia dan teman-teman sekelasnya segera mengetahui bahwa Tsar Alexander II baru saja dibunuh." Berkman muda, anak dari keluarga politik, melihat pembunuhan itu dari segi ideologis.

Kehidupan Awal

Alexander Berkman, putra dari seorang pengusaha berkebangsaan Yahudi, lahir di Vilnius, ibu kota Lituania, pada 21 November 1870.

Saat itu wilayah tersebut merupakan bagian dari Kekaisaran Rusia. Ayahnya, pedagang grosir di industri sepatu, cukup kaya untuk diizinkan pindah ke St. Petersburg.

Berkman tumbuh di lingkungan yang nyaman, termasuk pelayan dan rumah musim panas. Dia menghadiri gimnasium yang disediakan untuk elemen masyarakat yang istimewa.

Pada 1 Maret 1881, Tsar Alexander II dibunuh. Ledakan bom menghancurkan jendela kelasnya. Malam itu, kakak laki-lakinya, yang bersimpati dengan kaum revolusioner, mengatakan kepadanya bahwa dia telah dibunuh oleh Kehendak Rakyat.

Sebagai penulis Anarchist Portraits (1995), telah menunjukkan, Berkman "sangat tersentuh oleh kemartiran kaum populis, lima di antaranya digantung karena bagian mereka dalam pembunuhan itu.

Dia terinspirasi oleh idealisme dan keberanian mereka, dan dari situ waktu ke depan contoh mereka berlama-lama dalam pikirannya."

Saudara laki-laki ibunya, Mark Natanson, adalah teman dekat Peter Kropotkin, dan juga terlibat dalam aktivitas revolusioner.

Berkman kemudian menulis bahwa Natanson adalah "cita-cita saya tentang seorang pria yang mulia dan hebat".

Pada usia lima belas tahun dia sudah membaca literatur revolusioner dan dikeluarkan dari sekolah karena "tidak bertuhan sebelum waktunya, kecenderungan berbahaya, dan pembangkangan."

Berkman juga menyadari rasisme di Rusia karena ketika ayahnya meninggal, hak keluarganya untuk tinggal di ibu kota dirampas dan dipaksa untuk tinggal di Kovno, sebuah kota di Pale of Settlement Yahudi.

Baca Juga: Anies Baswedan Gembar Gembor Bicara Toleransi, Eh Pidato Lawasnya Malah Diungkit Lagi, Netizen Teriak: Ini Pidato Rasis Anies!

Pada tahun 1887 ibunya meninggal dan tahun berikutnya ia memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat.

Setibanya di New York City, Berkman bergabung dengan kelompok utama anarkis Yahudi, Pioneers of Liberty. Segera setelah itu dia mulai tinggal bersama Emma Goldman, seorang imigran Rusia yang bekerja di sebuah pabrik pakaian di Rochester. Berkman dan Goldman keduanya terlibat dalam kampanye untuk membebaskan orang-orang yang dihukum karena Bom Haymarket. Mereka juga dipengaruhi oleh anarkis tulisan Johann Most.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover