Siapa Itu Zulkifli Hasan? Berikut Rekam Jejaknya

Siapa Itu Zulkifli Hasan? Berikut Rekam Jejaknya Kredit Foto: Twitter/Zulkifli Hasan

Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Zulkifli Hasan atau Zulhas resmi dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag). Pelantikan ini resmi dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6). Ia menggantikan Mendag sebelumnya, yakni Muhammad Lutfi.

Lantas, siapa Zulkifli Hasan atau Zulhas? Seperti apa perjalanan karier dan sepak terjangnya selama berkiprah di dunia politik?

Seperti diketahui, saat ini Zulkifili Hasan menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Selain itu, ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2019-2024.

Baca Juga: Mendag Zulkifli Hasan Ditantang Pedagang Pasar Untuk Perbaiki Birokrasi Anak Buahnya

Sebelum terjun ke dunia politik, Zulhas merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang beralih profesi menjadi seorang wirausahawan. Ia memilih untuk berhenti menjadi PNS dan bertekad untuk memulai usaha sendiri.

Ia pun mulai bekerja membangun perusahaan. Tak butuh waktu lama, hanya dalam kurun waktu tiga tahun, Zulhas berhasil mendirikan perusahaan dan menjadi Presiden Direktur (Presdir) dari berbagai perusahaan.

Pendidikan

Zulkifli Hasan menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 53 Jakarta pada tahun 1982. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikannya pada program sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1996.

Setelah itu, Zulhas mengambil program pasca sarjana di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan mendapat gelar Magister Manajemen pada tahun 2003.

Awal Mula Masuk Politik

Lihat Sumber Artikel di Akurat Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Akurat.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover