Biografi Ridwan Kamil: Walikota Inspiratif di Usia Muda

Biografi Ridwan Kamil: Walikota Inspiratif di Usia Muda Kredit Foto: Humas Pemprov Jabar

Ridwan Kamil menjadi sosok Walikota yang inspiratif, diusia yang masih relatif muda, beliau telah berhasil menjabat sebagai walikota Bandung. Aksi yang dilakukan oleh Ridwan Kamil juga terbilang unik dan sering mencuri perhatian media.

Kehidupan Awal

Mochammad Ridwan Kamil atau yang biasa dipanggil kang Emil atau Ridwan lahir di Bandung, Jawa Barat, 4 Oktober 1971.

Ridwan Kamil adalah putra dari pasangan Dr. Atje Misbach, S.H dan Dra. Tjutju Sukaesih. Dia anak kedua dari lima bersaudara.

Sejak kecil Ridwal kamil dikenal sebagai anak yang cerdas dan aktif. Di keluarganya ia dikenal sebagai sosok perkerja keras dan pantang menyerah.

Semasa kecil, Ridwan Kamil sudah bisa menjual es mambo buatan tangannya sendiri dan untung besar. Sehingga bakat kewirausahaan telah mengalir dalam dirinya sejak dini.

Pendidikan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil menghabiskan masa sekolahnya di kota kembang Bandung. Dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi di Bandung.

Ia sekolah di SDN Banjarsari III. Setelah tamat sekolah dasar ia kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 2 Bandung kemudian di SMA Negeri 3 Bandung pada tahun 1987 hingg 1990.

Setelah tamat SMA, ia kemudian melanjutkan pendidikannya diInstitut Teknologi Bandung dengan mengambil jurusan Teknik Arsitektur dari tahun 1990 hingga 1995.

Ridwan kamil juga aktif dalam kelompok-kelompok mahasiswa dan unit kegiatan seni. Semangat kewirausahaannya di kampuslagi, untuk mencari dana tambahan untuk kuliah, ia membuat ilustrasi cat air atau maket untuk dosen.

Semasa kuliah, dia aktif dalam kelompok-kelompok mahasiswa dan unit kegiatan seni kampus. Bahkan saat kuliah, ia sudah tidak bergantung kepada kedua orang tuanya karena ingin hidup mandiri.

Apalagi saat meneruskan kuliah S2 ke University of California, Berkeley, Amerika Serikat, hanya bantuan beasiswa untuk menopang kuliahnya.

Awal Karier Ridwan Kamil

Pada tahun 2004, Ridwan Kamil mendirikan Urbane, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultan perencanaan, arsitek, dan desain.

Urbane ini adalah firma yang didirikan oleh Ridwan Kamil dan teman-temannya, Achmad D. Tardiyana, Reza Nurtjahja, dan Irvan W. Darwis.

Nama Ridwan Kamil menjadi terkenal sebagai arsitektur yang penuh kreasi. Alhasil, beragam penghargaan mengenai desain ia gondolnya.

Selain itu, karier Ridwan Kamil juga sebagai seorang dosen di  ITB. Selain karier dan namanya makin dikenal publik Bandung, ia memiliki kepedulian yang kuat akan kemajuan Kota Bandung.

Pada tahun 2013, ia bertarung di Pilkada Kota Bandung berpasangan dengan Oded Muhammad Danial yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS. Beliau berhasil memenangkan Pilkada Bandung dengan memperoleh suara sebesar 45,24%.

Dia terpilih menjadi Walikota Bandung 2013-2018. Ridwan Kamil selalu berinovasi pada tugasnya. Saat menjadi walikota dia banyak melakukan program-program pro rakyat dan membesarkan kembali nama Bandung di kancah internasional.
 
Puncaknya, saat Kota Bandung berhasil menjadi tuan rumah Konferance Asia Africa (KAA) tidak lepas dari sentuhan Ridwan Kamil. Dia sudah banyak mendapat penghargaan atas prestasinya. Kerja keras dan kreasinya tidak sia-sia selama ini.

Pada Pilgub Jabar 2018, ia maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum. Berbekal kemampuannya memimpin Kota Bandung, Ridwan Kamil yakin bisa menjadi pilihan warga Jawa Barat. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover