Panglima TNI Andika Perkasa Ungkap Alasan Sulit Tumpas KKB di Papua

Panglima TNI Andika Perkasa Ungkap Alasan Sulit Tumpas KKB di Papua Kredit Foto: Nova Wahyudi

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di bumi Papua rupanya tidak mudah untuk cepat ditumbangkan. Panglima TNI Andika Perkasa menyebut penumpasan KKB memerlukan proses yang lama.

Ia menjelaskan yang menjadi salah satu alasan penumpasan KKB akan berlangsung jangka panjang adalah penguasaan medan yang dominan oleh para kelompok KKB.

Masalah ini, kata Andika hampir sama saat menumpaskan penumpasan mujahidin Indonesia timur (MIT) di Poso.

Baca Juga: Berbuntut Panjang! Ruhut Sitompul Dilaporkan Usai Unggah Meme Anies, Helmi Felis: Bisa Kacau Papua Gara-gara Ruhut

"Posisi kita sama seperti di Sulawesi Tengah lewat pola satuan operasi, yang berjalan normal adalah operasi penegakan hukum, bekerjasama dengan Polri serta instansi lain," kata Andika dikutip ANTARA, Jumat (13/5).

Ia menyebut, keterlibatan TNI sendiri dalam operasi itu, dikhususkan pada keamanan dan bersifat cukup terbatas sehingga pihaknya betul-betul bertindak dengan memperhatikan rambu-rambu operasi supaya tidak menimbulkan masalah baru.

"Kami menjaga pola operasi sesuai dengan rambu-rambu yang ada, untuk menjaga jangan sampai ada masalah baru ataupun masalah yang lebih besar lagi," ujar Andika.

Baca Juga: Panglima KKB Berpangkat Brigjen Tewas, DPR: Sampai Kiamat Papua Tidak Akan Damai

Ia mengemukakan, terdapat dua kemiripan yang cukup menonjol antara operasi khusus penumpasan mujahidin Indonesia timur (MIT) di Poso dengan operasi khusus KKB di Papua, yakni medan yang terbilang sulit.

"Variabelnya cukup banyak, dan tantangannya itu berbeda-beda, di Papua dan Poso hanya medan operasinya saja yang sulit," tukas Andika.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan GenPI.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover