Harap Nataru Menjadi Momentum Memasuki Status Endemi, Ini Upaya Yang Harus Dikejar

Harap Nataru Menjadi Momentum Memasuki Status Endemi, Ini Upaya Yang Harus Dikejar Kredit Foto: Instagram/Wiku Adisasmito

Satgas Penanganan Covid-19 mengharapkan tidak ada lonjakan kasus Corona pascalibur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Satgas juga mengharapkan pascanataru Indonesia bisa memasuki status endemi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan Indonesia harus terus mempertahankan kondisi kasus yang terkendali di tengah lonjakan yang terjadi di berbagai negara di dunia.

Laju kasus Covid-19 di Indonesia saat ini masih cukup terkendali. Karena itu, Wiku menginginkan seharusnya bisa disikapi dengan hati-hati dan mulai menyusun rencana menuju tahapan perkembangan kasus yang lebih terkendali, yaitu status endemi.

"Perlu menjadi perhatian, transisi menuju endemi dapat sewaktu-waktu terhambat akibat lonjakan kasus yang kembali terjadi," kata Wiku di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Nataru Level 3, DPR Minta Pemerintah Pertimbangkan Ekonomi Masyarakat

Wiku juga menjelaskan ilmu epidemiologi agar masyarakat mudah memahami. Jika berdasarkan luas penularannya, dapat dibagi kondisi penularan suatu penyakit, termasuk Covid-19 menjadi tiga bagian. Pertama, ialah epidemi yang berarti kondisi peningkatan kasus yang cepat di wilayah tertentu.

Wiku mencontohkan penularan Covid-19 yang awalnya ditemukan pada Desember 2019 di Kota Wuhan, China, dan terus menyebar sampai seluruh penjuru negeri tersebut.

Kedua, yaitu tahapan pandemi, di mana kondisi peningkatan jumlah kasus Covid-19 secara cepat dan bersamaan di seluruh dunia. Contohnya penetapan pandemi Covid-19 pada 11 Maret 2020 hingga kini.

Baca Juga: Yuk, Masyarakat Cegah Gelombang Ketiga Covid-19 Jelang Nataru

Kondisi kasus masih tergolong tinggi di beberapa negara bahkan merupakan lonjakan berulang setelah pelandaian. Seperti di Amerika Serikat, Rusia, Inggris, dan Jerman.

Ketiga yaitu endemi, kondisi di mana kasus masih tetap ada di beberapa wilayah dengan jumlah kasus yang rendah dengan laju penularan yang stagnan.

"Tahapan epidemi menjadi pandemi Covid-19 telah banyak memberikan pelajaran bagi kita. Khususnya terkait pentingnya mencegah agar lonjakan kasus tidak lagi terjadi di kemudian hari," tegas Wiku.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan JPNN.com.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover