PPP Berjaya di Kalangan Parpol Islam: Karena Punya Pengalaman Ikut Pemilu Sejak Orba

PPP Berjaya di Kalangan Parpol Islam: Karena Punya Pengalaman Ikut Pemilu Sejak Orba Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya

Perolehan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Pemilu 2024 berpotensi moncer. PPP dinilai akan memimpin perolehan suara di jajaran partai politik Islam lainnya.

Sebab, menurut Direktur Riset dan Pendidikan RODA Institute Surya Vandiantara, partai politik berlambang Ka'bah itu merupakan partai yang sangat matang dan berpengalaman dalam konstalasi pemilu dari zaman orde baru hingga saat ini.

Dia mengatakan bahwa PPP merupakan salah satu partai Islam dengan keikutsertaan pemilu paling banyak di Indonesia. Tercatat, PPP telah mengikuti pemilu sejak 1977.

Baca Juga: PAN, Golkar, dan PPP Kompak Daftar ke KPU Besok

"Pengalaman dan kedewasaan PPP dalam memperjuangkan aspirasi umat muslim baik di ranah legislatif maupun eksekutif, merupakan modal besar dalam memimpin partai Islam secara keseluruhan pada pemilu 2024," papar Surya dalam diskusi daring PPP Sebagai Pemimpin Partai Islam di Pemilu 2024 di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Surya menyebut badai yang sedang menggoyang PPP kali ini bisa dimanfaatkan untuk mendulang suara.

"Kalau dilihat pemilu 2024 nanti memiliki kesamaan dengan Pemilu 2014, di mana tidak ada calon presiden incumbent yang akan mengikuti kontestasi. Kondisi ini berpeluang dimanfaatkan oleh PPP dalam menaikkan perolehan suara di Pemilu 2024," jelasnya.

Baca Juga: PAN Akui Bakal Ada 1 Partai yang Segera Gabung dengan KIB

Surya menilai pada 2024 kenaikan suara seharusnya mampu naik sebesar 47 persen, seperti yang terjadi pada pemilu 2014.

Selain itu, di bawah kepemimpinan Ketua Umum PPP Suharso Manoharfa sangat mungkin PPP menjadi partai Islam yang kuat.

Menurutnya, Suharso Monoarfa merupakan sosok pemimpin yang mampu menjadi sosok pemersatu dalam tubuh PPP.

"Seusai berbagai konflik yang terjadi di dalam internal partai. Sosok pemersatu ini yang kemudian mampu memberikan keyakinan kepada kader dan pemilih PPP untuk kembali berjaya pada Pemilu 2024," tegas Surya.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan JPNN.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover