Putri Gus Dur Tuduh Cak Imin Rebut PKB, Refly Harun: Partai Itu Tidak Milik Satu Orang!

Putri Gus Dur Tuduh Cak Imin Rebut PKB, Refly Harun: Partai Itu Tidak Milik Satu Orang! Kredit Foto: Instagram/Refly Harun

Refly Harun, ahli hukum tata negara menyebut Yenny Wahid tidak tepat karena menyebut Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengambil PKB dari Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Ini menurut saya tidak tepat, karena partai itu not belongs to person atau organization, tapi belong to member atau anggota partai,” ucapnya dikutip dari Channel YouTube Refly Harun Official, Jumat (24/6/2022).

Lanjut Advokat ini bahwa tidak tepat mengesankan partai itu dimiliki satu orang.

“Partai itu tidak dimiliki satu orang atau sang deklaratornya saja, ini jadi kekeliruan politik di Indonesia,”

Pria lulusan FH UGM ini menyebut bahwa secara idealitas, harusya partai tidak merasa dimiliki satu orang atau organisasi, meskipun realitasnya berbeda.

“Ini yang harus kita luruskan dari awal, sehingga dalam konteks ini perkataan Yenny Wahid tidak tepat karena mengambil partai orang lain,” ucapnya.

Baca Juga: Nyelekit Abis! Yusuf Mansur Malah Pergi ke Mesir Usai Digeruduk Massa, Guntur Romli: Kok Terkesan Menghindar dan Kabur...

Meskipun, tambah Refly bahwa PKB memang dideklarasikan oleh Gus Dur.

Baca Juga: PDIP Belum Beberkan Capres yang Diusung, Megawati: Ya Boleh Dong Saya Umpetin Terus

“Deklarator adalah pengantar pendirian parpol, namun yang memiliki partainya itu adalah seluruh anggota partai tersebut,” tandasnya.

Lihat Sumber Artikel di Fajar Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Fajar.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover