Alasan Inflasi di Amerika Serikat Meroket

Alasan Inflasi di Amerika Serikat Meroket Kredit Foto: Dok. Kemendikbudristek

Inflasi di Amerika Serikat berada pada level tertinggi, yakni 9,1%. Ini adalah yang tertinggi dalam 40 tahun, menurut laporan pemerintah yang dirilis, Rabu (13/7/2022).

Harga telah naik setiap bulan, sementara kepercayaan konsumen telah mencapai rekor terendah. Inflasi sekarang menjadi perhatian utama bagi banyak orang Amerika, dan kemungkinan mempengaruhi banyak pemilih di tahun pemilihan paruh waktu.

Baca Juga: Ariston Tjendra: Rupiah Melemah Karena Pasar Khawatir Inflasi Melonjak di Tengah Kenaikan...

Apa yang mendorong inflasi ini, bagaimanapun, bukanlah hal baru: melainkan, sebagian besar merupakan dampak dari dua tahun pandemi Covid-19. Inilah yang dilaporkan, dilansir The Guardian.

Mengapa inflasi di AS begitu tinggi?

Pandemi Covid-19 membuat ekonomi AS seperti rollercoaster. Pada awal 2020, penguncian nasional menyebabkan jutaan orang Amerika diberhentikan sementara dari pekerjaan mereka.

Kemudian presiden Donald Trump menanggapi dengan menandatangani paket bantuan $2 triliun yang ditujukan untuk membantu bisnis dan individu secara langsung, termasuk cek stimulus yang memasukkan uang langsung ke kantong orang.

Ini pada akhirnya akan menjadi yang pertama dari tiga paket stimulus, bersama-sama memompa $5 triliun yang menggiurkan ke dalam perekonomian.

Musim panas itu, bisnis perlahan mulai dibuka kembali. Tetapi akan membutuhkan satu setengah tahun lagi untuk tingkat pengangguran turun kembali ke tempat sebelum pandemi, dan dengan kenaikan upah karena pasar tenaga kerja yang ketat, pengeluaran konsumen mulai naik: orang menginginkan rumah baru, makanan restoran, peralatan dan furnitur.

Ketika permintaan barang melonjak, pasokan tetap terbatas --karena krisis rantai pasokan yang terkenal, yang baru saja mulai mereda. Pada puncak krisis, pelabuhan-pelabuhan tersumbat oleh kapal-kapal yang hendak berlabuh, peti kemas jatuh ke laut, dan kekurangan pengemudi truk.

Baca Juga: Jokowi Marah Lagi, Menteri Disebut Tidak Komunikasi Terkait Inflasi?

Perang di Ukraina, bersama dengan penguncian virus corona di China sendiri pada musim semi tahun ini, juga berperan dalam menjaga pasokan tetap ketat selama 2022. Itu berarti harga lebih tinggi.

Sektor apa yang mendorong inflasi?

Harga gas, makanan dan perumahan semuanya melonjak, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS. Dari tahun ke tahun, harga gas naik 7,5% --meskipun Joe Biden menyebut tingkat inflasi “ketinggalan zaman”, karena harga gas telah jatuh beberapa minggu terakhir.

Harga juga naik di toko kelontong, terutama untuk buah, sayuran dan minuman non-alkohol. Harga bahan makanan selama setahun terakhir telah meningkat 12,2% --kenaikan tertinggi sejak April 1979. Harga rumah dan sewa juga meningkat-- naik 5,6% dibandingkan dengan tahun lalu.

Berapa lama inflasi akan berlangsung?

Tidak ada yang benar-benar dapat memprediksi, kami juga tidak tahu apakah itu telah mencapai puncaknya, karena begitu banyak faktor yang berperan. Harga gas turun, memang benar, tetapi tidak jelas apakah itu akan cukup untuk menurunkan inflasi juga.

Federal Reserve, yang dipimpin oleh Jerome Powell, telah agresif dalam menanggapi inflasi, menaikkan suku bunga dua kali tahun ini. Laporan awal menunjukkan bahwa Fed sedang melihat kenaikan suku bunga tiga poin lagi pada akhir bulan.

Apa dampak inflasi yang bertahan lama?

Inflasi yang tinggi dan berlangsung lama mengkhawatirkan karena menurunkan nilai mata uang, melemahkan daya beli dolar Amerika, dan mengikis tabungan.

Kontrol suku bunga Fed adalah alat yang paling ampuh untuk mengekang inflasi. Tapi itu adalah tindakan penyeimbangan yang sulit, karena berisiko resesi.

Perlambatan dalam investasi dapat memiliki efek berjenjang pada pekerjaan dan pengeluaran, meskipun masih terlalu dini untuk memprediksi resesi apa pun --bukan berarti itu telah menghentikan orang-orang tertentu, dan bank, untuk melakukannya.

Dan ada beberapa hal yang belum tentu dipengaruhi oleh inflasi. Tingkat pengangguran tetap stabil di 3,6% --di sekitar tingkat yang sama seperti sebelum pandemi. Dan ekonomi telah menunjukkan tanda-tanda ketahanan lainnya – terutama dalam pekerjaan, yang tumbuh 372.000 pada bulan Juni.

Lihat Sumber Artikel di Warta Ekonomi Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Warta Ekonomi.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover