Jokowi Ralat Janjinya, Eh Omongan Pedas Nicho Keluar: Terbukti, Istana Sarang Hoak!

Jokowi Ralat Janjinya, Eh Omongan Pedas Nicho Keluar: Terbukti, Istana Sarang Hoak! Kredit Foto: Dok. Twitter

Pembahasan mengenai pemindahan Ibu Kota Negara memang mendapat perhatian lebih. Sebagaimana diketahui, Ibu Kota Negara Baru akan diberikan nama “Nusantara” dengan lokasi di pulau Kalimantan.

Tidak sedikit pihak yang masih mempertanyakan mengenai salah satu di antara langkah besar yang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ambil di 2 priode masa kepemimpinanya ini.

Mulai dari aspek sosial, lingkungan dan tentu yang menjadi persoalan yakni pembiayaan yang mana proyek super besar ini jelas akan memakan banyak anggaran.

Baca Juga: Bukan Ahok, Ini Lho Ciri-ciri Pemimpin Yang Cocok Untuk IKN

Mengenai pembiayaan atau anggaran ini, ungkapan atau bisa disebut “janji” Jokowi di masa lalu mulai dipertanyakan.

Mengutip Kompas.com, Minggu (23/1/22), mayoritas dana untuk membangun IKN Nunsantara berasal dari uang APBN. Ini dianggap bertentangan karena Jokowi sebelumnya pernah menyebut bahwa tidak membebankan APBN dalam pembangunan IKN.

“Artinya anggaran, kita siap menjalankan keputusan ini, tetapi saya sampaikan ke Menkeu (Sri Mulyani) tidak membebankan APBN, cari skema agar APBN tidak terbebani," kata Jokowi di Istana Negara pada Mei 2019, sebagaimana dikutip dari Kompas.

Baca Juga: Ngeri Banget! Kepala Negara Diusir dari Jakarta: Istana Mau Dipakai..

Janji Jokowi yang “diralat” ini mengundang banyak reaksi publik khususnya di media sosial, salah satu yang “berteriak” cukup lantang adalah Nicho Silalahi, Aktivis dan Pegiat Media sosial.

Menurut Nicho dalam cuitannya, Jokowi yang dalam narasinya dibahasakan sebagai pihak istana adalah sarang Hoak mengenai bedanya ucapan Jokowi di masa lalu dan saat ini mengenai pembiayaan pembangunan Ibu Kota Negara.

“Ini menjadi fakta bahwa Istanalah "SARANG HOAK", cuit Nicho dalam akun Twitter pribadi sebagaimana dikutip di Jakarta, Minggu (23/1/22).

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover