Biografi Friedrich Nietzsche: Filsafat dengan Tulisan Terkenalnya tentang Individualitas dan Motalitas dalam Peradaban Kontemporer

Biografi Friedrich Nietzsche: Filsafat dengan Tulisan Terkenalnya tentang Individualitas dan Motalitas dalam Peradaban Kontemporer Kredit Foto: Eugenio Hansen, OFS

Filsuf Jerman Friedrich Nietzsche dikenal karena tulisannya tentang kebaikan dan kejahatan, akhir agama dalam masyarakat modern dan konsep "manusia super".

Dalam karirnya yang cemerlang namun relatif singkat, Friedrich Nietzsche menerbitkan banyak karya besar filsafat, termasuk Twilight of the Idols dan Such Spoke Zarathustra.

Baca Juga: Biografi Socrates: Pendiri Filsafat Barat dan Filsuf yang Paling Teladan dan Aneh dari Para Filsuf Yunani

Dalam dekade terakhir hidupnya, ia menderita kegilaan dan meninggal pada 25 Agustus 1900. Tulisannya tentang individualitas dan moralitas dalam peradaban kontemporer mempengaruhi banyak pemikir dan penulis besar abad ke-20.

Tahun-tahun Awal dan Pendidikan

Friedrich Wilhelm Nietzsche lahir pada 15 Oktober 1844, di Röcken bei Lützen, sebuah desa kecil di Prusia.

Ayahnya, Carl Ludwig Nietzsche, adalah seorang pengkhotbah Lutheran; dia meninggal ketika Nietzsche berusia 4 tahun. Nietzsche dan adik perempuannya, Elisabeth, dibesarkan oleh ibu mereka, Franziska.

Baca Juga: Tingkat Kepuasan Publik Kepada Jokowi Meningkat, Capai Rekor 80,3 Persen

Nietzsche menghadiri sekolah persiapan swasta di Naumburg dan kemudian menerima pendidikan klasik di sekolah bergengsi Schulpforta. Setelah lulus pada tahun 1864, ia kuliah di Universitas Bonn selama dua semester.

Dia pindah ke Universitas Leipzig, di mana dia belajar filologi, kombinasi sastra, linguistik, dan sejarah. Dia sangat dipengaruhi oleh tulisan-tulisan filsuf Arthur Schopenhauer.

Selama berada di Leipzig, ia memulai persahabatan dengan komposer Richard Wagner, yang musiknya sangat ia kagumi.

Mengajar dan Menulis di tahun 1870-an

Pada tahun 1869, Nietzsche mengambil posisi sebagai profesor filologi klasik di Universitas Basel di Swiss. Selama menjadi profesor, ia menerbitkan buku pertamanya, The Birth of Tragedy (1872) dan Human, All Too Human (1878).

Dia juga mulai menjauhkan diri dari keilmuan klasik, serta ajaran Schopenhauer, dan lebih tertarik pada nilai-nilai yang mendasari peradaban modern.

Baca Juga: Kacau! Banyak Anggota DPRD DKI Tak Lapor LHKPN, Alasannya Klasik Banget

Pada saat ini, persahabatannya dengan Wagner telah memburuk. Menderita gangguan saraf, ia mengundurkan diri dari jabatannya di Basel pada tahun 1879.

Karya Sastra dan Filsafat tahun 1880-an

Untuk sebagian besar dekade berikutnya, Nietzsche hidup dalam pengasingan, pindah dari Swiss ke Prancis ke Italia ketika dia tidak tinggal di rumah ibunya di Naumburg.

 Namun, ini juga merupakan periode yang sangat produktif baginya sebagai seorang pemikir dan penulis.

Baca Juga: 200 Jenderal Dikomandoi Rizal Ramli Lengserkan Soeharto, Ferdinand: Kasihan, Cocok Jadi Penulis Cerita Pendek Fiksi

 Salah satu karyanya yang paling signifikan, Jadi Spoke Zarathustra, diterbitkan dalam empat volume antara tahun 1883 dan 1885. Dia juga menulis Beyond Good and Evil (diterbitkan pada tahun 1886), The Genealogy of Morals (1887) dan Twilight of the Idols (1889).

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover