Apa Itu Diktator?

Apa Itu Diktator? Kredit Foto: Rumah Filsafat

Kediktatoran merupakan bentuk pemerintahan di mana satu orang atau sekelompok kecil memiliki kekuasaan absolut tanpa batasan konstitusional yang efektif.

Istilah kediktatoran berasal dari bahasa Latin diktator, istilah ini muncul di Republik Romawi Ketika menunjuk hakim sementara yang diberikan kekuasaan luar biasa untuk menangani krisis negara.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Hubungannya Sedekat Itu Sama Jokowi?

Diktator modern, bagaimanapun, menyerupai tiran kuno daripada diktator kuno. Deskripsi para filsuf kuno tentang tirani Yunani dan Sisilia jauh lebih mengarah pada ciri kediktatoran modern.

Diktator biasanya menggunakan kekerasan atau penipuan untuk mendapatkan kekuatan politik despotik, yang mereka pertahankan melalui penggunaan intimidasi, teror, dan penindasan kebebasan sipil dasar.

Mereka juga dapat menggunakan teknik propaganda massa untuk mempertahankan dukungan publik mereka.

Dengan penurunan dan hilangnya monarki pada abad ke-19 dan ke-20 berdasarkan keturunan, kediktatoran menjadi salah satu dari dua bentuk pemerintahan utama yang digunakan oleh negara-negara di seluruh dunia, yang lainnya adalah demokrasi konstitusional.

Pemerintahan oleh diktator telah mengambil beberapa bentuk yang berbeda. Di Amerika Latin pada abad ke-19, berbagai diktator muncul setelah otoritas pusat yang efektif runtuh di negara-negara baru yang baru saja dibebaskan dari pemerintahan kolonial Spanyol.

Caudillo ini, atau pemimpin yang memproklamirkan diri, biasanya memimpin tentara swasta dan mencoba untuk membangun kendali atas suatu wilayah sebelum berbaris di atas pemerintah nasional yang lemah.

Antonio López de Santa Anna di Meksiko dan Juan Manuel de Rosas di Argentina adalah contoh dari pemimpin seperti itu.

Kemudian diktator abad ke-20 di Amerika Latin berbeda. Mereka adalah pemimpin nasional daripada pemimpin provinsi dan sering ditempatkan pada posisi kekuasaan mereka oleh perwira militer nasionalis.

Mereka biasanya bersekutu dengan kelas sosial tertentu, dan berusaha baik untuk mempertahankan kepentingan elit kaya dan istimewa atau untuk melembagakan reformasi sosial sayap kiri yang luas.

Baca Juga: Habiburokhman: Kewajiban Karantina dan PCR yang Harganya Mahal Banget Harus Dievaluasi!

Sementara pemerintahan kerajaan, sebagaimana dilegitimasi oleh keturunan darah, hampir menghilang sebagai prinsip pemerintahan yang efektif di dunia modern, monokrasi.

Selanjutnya
Halaman

Terpopuler

Terkini

Populis Discover